Kamis, 26 April 2012

APALAH ARTI SEBUAH NAMA


“What a name” begitulah kata Shakespeare dimasa lampau, temen saya tukang bercanda bilang “Untuk bedain kamu dengan beruang,” sialan!, itulah persepsi mengenai nama, ada yang menganggapnya penting ada yang tidak, bagi saya pribadi sesuai ajaran islam bahwa nama itu sangat penting dan harus memberi nama anak dengan nama yang baik karena diakhirat Allah akan memanggil nama kita dan nama ayah kita, trus bagaimana dengan nama saya? Dulu ada anak buah saya yang bertanya, Pak kenapa sih nama bapak diulang-ulang? Weleh, kebanyakan nama orang sunda memang diulang Entis Sutisna, Aji Darmaji, Dedi Sumadi, Nana Sutresna, Cecep Gorbachev (He he yang ini biasanya candaan). Saya sebenarnya sempat bertanya pada saat SMP tentang nama orang sunda yang diulang-ulang, beberapa orang tua menjawab hampir sama yaitu pengulangan tersebut adalah penguatan dan dan doa bermakna pengagungan, Aep Surasep berarti si asep semoga tambah kasep (he he), tapi banyak juga yang berpendapat tidak kreatif, ya terserah apa pendapat orang yang jelas bagi saya nama adalah identitas contohnya dengan nama ujang orang bisa tahu darimana dia berasal, atau misalnya siahaan, made, subroto. Seperti pengalaman saya waktu ke Padang hampir semua orang yang saya temui menganggap saya orang padang karena nama saya irman (mungkin nama irman sangat jamak di padang), tetapi ketika mereka mengetahui nama belakang saya Firmansyah barulah sebagian sadar bahwa saya bukan beasal dari tanah minang.

Ada penjelasan rada ilmiah bahwa kalau nama orang Sunda diulang-ulang, antara lain melambangkan siklus (putaran atau pengulangan) atau peningkatan dari sesuatu yang baik. Siklus atau pengulangan itu merupakan harapan dan doa semoga hidup si penyandang nama akan sama atau sesuai dengan nama yang disandangnya. Misalnya Ajat Sudrajat mengandung harapan agar si penyandang nama memiliki derajat yang tinggi dan bertambah-tambah. Wawan Gunawan, agar menjadi orang berguna dan semakin berguna. Didi Mulyadi agar hidupnya mulia dan kian mulia, dan seterusnya.Nama depan itu biasanya digunakan sebagai panggilan. ternyata ada diantara nama-nama yang diulang itu, bukan nama sebenarnya. sebagai contoh, seorang lelaki sunda, tatkala dia lahir, oleh indung (ibu) dan bapak-nya dia diberi nama : Sutresna. begitu bayi itu tumbuh, menjadi anak-anak, kemudian remaja, dan terus-menerus bersosialisasi menjadi orang dewasa, maka hasil dari pergaulan itu kemungkinan besar memberinya nama baru sesuai dengan panggilan kesehariannya. Para tetangga, teman, atau siapapun yang dia kenal akan memanggilnya dengan panggilan yang mudah diucap-lisankan, seperti Nana ! kalo ibunya berteriak menyuruh, maka akan memanggil..Nana......Kadieu, ambil air seember!

si Sutresna yang kemudian dipanggil Nana dalam keseharian itu, lambat laun akan dikenal oleh semua teman, tetangga, maupun kerabatnya sebagai si Nana. Dan tatkala dewasa, karena sudah terlanjur dikenal sebagai Nana, maka oleh si pemilik nama, dilekatkanlah sekalian nama itu menjadi nama depannya : Nana Sutresna. konon, dalam KTP si Sutresna tadi, ia akan menuliskan juga Nana Sutresna, meskipun di akta hanya ada Sutresna. Ketika istri saya hamil saya tidak ingin melanjutkan kebiasan mengulang nama (kakak dan adik saya juga namanya diulang, karena yang menamai mereka ibu saya yang kebetulan juga namanya diulang) Saya ingin mengikuti nama keluarga ayah saya yang kebetuan tidak diulang-ulang tetapi memasukkan nama arab karena silsilah ayah saya kebanyakan ulama-ulama kampung. Kebetulan saya sedang gandrung mempelajari sejarah keemasan islam dimasa lalu dimana agama islam dianut di negeri-negeri non muslim seperti spanyol, Portugal, turki, beberapa nama yang merupakan asimilasi nama arab dengan nama eropa lokal sangat saya sukai seperti omar, zidane, lateefa, Fatima, ibrahimovic, karimov dsb. Dalam sejaah islam saya menyukai hubungan islam dan barat baik hubungan tragis maupun harmonis, maka pahlawan yang saya suka pun tidak jauh-jauh dari eropa seperti Mehmed II (Bahasa arabnya Muhammad).

Pada saat anak saya yang pertama lahir saya sedikit kebingungan mencari nama yang pas, saya ingin nama yang berhubungan masa keemasan islam di eropa, kerajaan yang saya kagumi saat itu adalah cordoba dan saya kagum akan kehidupa para pemimpinnya saat itu yang disebut Caliph, maka mulailah nama caliph masuk ke otak saya, dengan sedikit penyesuaian saya rubah menjadi khalif, kebetulan salah seorang teman saya di AirAsia memberikan masukan supaya namanya bisa bertransformasi dengan nama saya yang menggunakan Syah, jadilah saya pilih nama Khalifansyah sesuai saran teman saya, istilah syah juga sebenarnya berkonotasi pemimpin/raja seperti di Iran, namun penulisan disana menggunakan Shah, It’s OK lah yang jelas dengan nama tersebut menguatkan peran pemimpinnya (Khalifansyah = Pemimpin dari  para pemimpin), selepas itu otak saya berputar kembali dan ingin menamainya dengan orang yang mempengaruhi keinginan saya dalam membaca yaitu pahlawan Islam Tariq Ibn Ziyad, yang menyebrangi selat Gibraltar (jabal tariq) dan menguasai eropa bagian selatan, iulah permulaan hubungan Barat dan Timur secara fisik dan terbuka. Namun yang menarik dari namanya adalah Ziyad (bapaknya) dan dalam lidah eropa biasanya dipanggil Zeyad seperti pemain sepak bola Zidane juga menamai anaknya Zeyad yang berarti baik, jadilah saya siapkan nama Zeyad Khalifansyah. Namun ada yang mengganjal karena saya menggunakan nama pahlawan islam tetapi melupakan pahlawan dari para pahlawan dan pemimpin dari para pemimpin yaitu Nabi Muhammad SAW, dan saya putuskan untuk memasukkan nama Muhammad kepada anak saya yang berarti terpercaya yaitu menjadi Muhammad Zeyad Khalifansyah, sebuah nama yang sangat kental arabnya sehingga banyak temen saya yang bilang “ntar anak lo ga bisa ke Amerika loh”, hmm Amerika, memang sih Amerika pusat peradaban dunia saat ini dan penting untuk berguru kesana, tetapi dalah hati saya saya ingin anak saya punya hati ke mekkah dulu, biar di Amerika dilarang tetapi lancar masuk ke mekkah, alias berhaji, seperti kata  BJHabibi “Hati Mekah, Otak New York”, lagian saya tidak terlalu percaya kalo orang amerika sejahat itu menahan orang yang mempunyai nama Islam, dari beberapa kasus nama islam yang ditahan kebetulan mirip-mirip dengan teroris DPO, Insya Allah saya terus berdoa supaya anak saya tidak jadi teroris tetapi justru menjadi pencerah kepada siapapun, intinya saya berharap dengan nama Muhammad Zeyad Khalifansyah saya ingin anak saya menjadi pemimpin yang baik dan terpercaya dari para pemimpin yang ada didunia serta dihormati baik di timur maupun dibarat. Saat kelahirannya seperti menunggu kelahiran seorang pahlawan, saya melihat istri saya mengerang kesakitan dan baru sadar perjuangan seorang Ibu yang mengingatkan pada ibu saya. Anak saya lahir hari minggu seperti hari lahir ibunya dan memiliki kemiripan dengan ibunya.

Giliran kehamilan yang kedua saya mulai lagi pusing cari nama, istri saya tidak kepikiran untuk memberi nama karena konsentrasi dengan kehamilannya, akhirnya ide muncul dari saya yang kembali didasarkan dari sejarah Islam. Saya pecinta bangunan-bangunan Islam mulai dari La Mezquita di Cordoba, Alhambra di Granada, madrasah di Asia Tengah, bangunan  di Isfahan sampai dengan Taj Mahal di India. Berbicara tentang Taj Mahal ternyata Bangunan tersebut dibangun oleh Dinasti Mughal yaitu Shah Jahan yang sangat mencintai istrinya bernama Mumtaz Mahal dan menamakan bangunan tersebut dengan namanya, seiring waktu berjalan orang-orang menamakannya dengan Taj Mahal (mungkin reduksi pelafalan jaman seperti nama Mataraman menjadi Matraman atau Cihideung menjadi Cideng, atau perempatan menjadi prapatan). Dinasti Mughal sendiri ternyata bukan dari India tapi dari Mongolia (kembali reduksi nama Mongol-Mughal karena reduksi wilayah dan jaman) yang disebut orang-orang Mongol, dimasa lalu orang Mongol ini adalah non islam yang menyerang negeri-negeri Islam sampai menghancurkan Baghdad, namun seiring jaman ternyata mereka menjadi pemeluk islam dan berjasa menyebarkan islam sampai ke India. Kebetulan dari hasil USG anak saya adalah perempuan sehingga cocoklah sudah dengan kekaguman saya akan sejarah Mongol, Akhirnya saya mengambil nama Mumtaz (berarti baik) yang saya ambil dari nama istri Shah Jahan sekaligus menggambarkan cinta sejati seorang raja akan istrinya yang diabadikan dengan Bangunan Taj Mahal. Awalnya saya bingung karena istri saya bilang nama mumtaz itu laki-laki sedangkan perempuan Mumtaziah, tapi saya coba cek di internet ternyata tidak seperti itu juga beberapa nama seperti aktris Boliwood juga bernama Mumtaz, dan yang jelas nama Putri Moghul tersebut adalah Mumtaz bukan Mumtaziah.


Terus nama keduanya apa? Kembali fikiran saya berputar, dalam beberapa literature yang say abaca tentang hubungan islam dan barat ada satu nama yang terlupakan oleh sejarah yaitu kuburan seorang putri yang bernama Zayda anak raja sevilla (Abu Nabeth/ Bin Abbad III Sultan Seville yang merupakan keturunan Rasulullah), yang merupakan janda Abu Nasr Al Fath Al Ma’mun  Raja Cordoba anak dari Muhammad Abu Kasim al Mutamid yang kebetulan saat Seville dikuasai oleh Aragon putrinya tersebut dinikahi Oleh Alfonso dan di prasastinya ditulis "H.R. Regina Elisabeth, uxor regis Adefonsi, filia Benabet Regis Sevillae, quae prius Zayda, fuit vocata"  kira2 artinya adalah “Disini bersemayam Regina Elisabeth istri Alfonso dn anak benabet (Bin Abid/Raja Seville) yang dikenal dengan nama Zayda dan melahirkan anak keturunannya”.  (bener ga sih terjemahannya?) Saat itu banyak dinasti-dinasti kecil yang berkuasa setelah keruntuhan Ummayah tahun 1031 di Spanyol dan Portugal. Seperti dinasti Abbadiyah yang berkuasa dan mendirikan serta membangun kota indah Sevilla. Dinasti ini punya darah keturunan dari Nabi Muhammad. Seorang putri dari raja-raja dinasti ini menikah dengan bangsawan Leon dan Castille, yang kemudian melahirkan raja-raja Portugal serta akhirnya Inggris. Dari penelitian ternyata silsilah Alfonso dan Zayda terus merembet sampai Ratu Inggris, sementara seperti diketahui bahwa hampir semua raja Eropa mulai dari Inggris sampai Rusia (Tsar) adalah keturunan ratu Inggris, jadi jika ditelusuri dari Silsilah Awalnya berarti hampir semua raja Eropa adalah keturunan Zayda, jika Zaida adlah keurunan Rasulullah berarti hampir semua raja Eropa adalah keturunan nabi Muhammad SAW!, 

Mungkin perlu penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut, tetapi saya tidak terlalu mempersoalkan hal tersebut yang jelas saya tertarik dengan nama Zayda yang kebetulan mirip-mirip dengan nama anak saya yang pertama yaitu Zeyad, jadilah saya modifikasi tersebut menjadi Zeyda. Tinggal yang terakhir nih nama akhirnya apa? Mumtaz Zeyda……kok huruf awalnya sama dengan nama anak saya yang pertama? Muhammad Zeyad, ya udahlah daripada pusing-pusing saya kasih nama khalif juga tapi apa? Khalifansyah kan laki-laki? Beberapa alternative saya kirimkan ke istri saya seperti khalifa, khalifiani, khalifah, khalifya dan ternyata yang terakhirlah yang dipilah dan jadilah nama anak saya yang kedua Mumtaz Zeyda Khalifya. Yang lahir dengan kemiripan  yang sangat tinggi dengan saya baik dari segi fisik maupun kelahirannya yang lahir di hari selasa ditengah terik mentari, pada tanggal 6 bulan 12, sedangkan saya lahir tanggal 21 bulan 6. Ibu saya bercerita bahwa saat melihat anak saya lahir sama dengan saat melihat saya lahir, sayapun terkadang merasa sepert melihat wajah saya sendiri saat melihat  wajah anak saya.

Itulah nama dengan harapan yang sama menjadi pemimpin yang baik dan berguna bagi agama dan masyarakat, menjadi jembatan kesenjangan timur dan barat, dan menjadi panggilan yang baik di Akhirat. Yang jelas setiap orang tua mempunyai maksudnya masing-masing dengan nama tersebut, namun dalam realitas social kita bisa saja mempunyai nama tertentu sesuai yang kita atau masyarakat inginkan, misalnya saat kecil saya dipanggil Imam, sebagian teman memanggil Iman, sebagian lagi memanggil Atay (nama panggilan untuk kakak saya), dalam facebook nama saya Irman Musafir Sufi yang mencerminkan seorang Musafir yang melakukan perjalanan di dunia yang sementara untuk menuju akhirat, atau di mailinglist nama saya irmankhalif karena email personal yang saya punya adalah irmankhalif@yahoo.com, bagi saya tidak menjadi persoalan apapun nama yang disandang sepanjang tidak merubah esensi manusianya sendiri, jadi memang dalam realitas sosialnya seperti kata Shakespeare: Apalah Arti Sebuah Nama

3 komentar:

  1. Saya ingin menyampaikan kepada seluruh Tki yang bekerja di negeri orang saya Muhamad Iskandar seorang TKI DARI MALAYSIA pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan hamil gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak, kebetulan suami saya buka-buka internet mendapatkan nomor AKI NANDA IRAWAN katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi aki karna saya pikir tidak ada salah,nya kita coba dan minta angka bocoran angka yang di berikan aki 4D ternyata betul- betul tembus 100% bagi saudarah-saudar yang ada indo maupun di luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi AKI NANDA IRAWAN di nomor 0852-1834-6024-silahkan buktikan sendiri demi allah saya sudah membuktikan angka dari aki sekrang giliran anda membuktikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل



      Hapus