Kamis, 26 April 2012

MODIFIKASI INTERIOR KIJANG KAPSUL STANDAR


Bagi para penggemar otomotif pasti mengenal mobil sejuta umat yaitu Kijang Kapsul, jenis kendaraan ini memang mempunyai kelebihan karena muatannya yang banyak, kabin yang luas dan perawatan yang mudah, kebetulan saya punya kijang kapsul dengan jenis kasta terendah yaitu LX, alasan saya membeli LX lebih luas sehingga didalam terasa lapang dan nyaman juga perawatan yang mudah dan tenaga yang OK, mesinnya sangat bagus dan tidak pernah ke bengkel, perawatan bulanan hanya cek air radiator, oli, bersihkan filter, sangat irit, tenaganya juga bisa diandalkan jika balapan dengan kol setan jurusan bogor sukabumi (kalo ukuran standar mobil ngebut di sukabumi hanya kol setan jurusan bogor-sukabumi wkwkk). kijang LX sangat standar tanpa power steering, power window, AC dsb jadi kayak angkot, jika dibandingkan dengan tipe LGX atau Krista misalnya dengan tambahan-tambahan tadi harganya jauh melambung tinggi, saya pikir daripada buang-buang uang banyak mendingan dipakai buat hal lain yang berguna, jika pasang sendiri biayanya tidak terlalu besar, jadi buat apa aneh-aneh toh hidup didunia hanyalah sementara, pikiran saya dulu biar bisa hemat biarlah kita pasangin nanti sesuai prioritas.

Yang paling utama saya pasang power steering dan AC sehingga belok tidak terlalu berat dan mobil jadi dingin, awalnya nyaman-nyaman saja karena memang mobil jarang dipake juga, paling-paling belanja, kondangan, sodara sering minjem untuk acara keluarga, sering juga dipake kerja nongkrong di parkiran, namun setelah anak saya agak gede mulailah keluhan-keluhannya muncul, apaagi dia mulai tau mobil-mobil lain seperti Avanza Innova, alphard, fortuner dia mulai pengen mobil yang bagus seperti teman-temannya, ada sempet kepikiran tuker tambah dengan Innova, tapi apa daya kayaknya banyak yang harus dipertimbangkan selain harganya lumayan untuk tipe yang bagusan (kalo tipe standarnya sih percuma ga beda dengan kijang kapsul LX), perawatan, bensin dsb menjadi pertimbangan, karena kebutuhan hidup akan meningkat terus. Sedangkan Jenis-jenis kecil seperti Avanza tidak saya sukai karena terasa sempit dan kurang nyaman, saya terbiasa mobil yang luas dan leluasa. Namun keinginan anak saya tetep pengen mobil yang enak yang pintunya digeser (alphard kali ya) dan gagah seperti fortuner.

Lahirnya anak kedua juga mulai kepikiran mengenai perubahan fungsi mobil karena mereka akan menjadi penghuni tetap mobil (he he), semenjak lahir anak kedua mobil tidak pernah lagi saya pake untuk kerja karena memang harus stand by di rumah setiap saat supaya jika diperlukan seperti antar jemput anak sekolah, nganter anak sakit dsb mobil bisa langsung dipake istri saya, jadi saya mengalah naik mercy besar alias Bis AC Parung Indah. Karena anak terus merengek sedangkan apa daya tak mampu membeli mobil baru, mulailah saya berfikir untuk melakukan modifikasi mobil sesuai selera anak. Mengenai jenis mobil ternyata anak saya menyukai tipe-tipe mobil Offroad atau dia sebut mobil gunung, untuk jenis kijang ada yang dinamakan modifikasi Alto dengan meninggikan kaki-kakinya serta memperbesar ban dan aksesoris alto lainnya, tapi tunggu dulu kayaknya yang lebih utama dilakukan justru dalemannya karena anak-anak akan tinggal didalam mobil bukan diluarnya, akhirnya muncul konsep untuk memodifikasi interior mobil supaya nyaman senyaman Alphard (hi hi hi emang bisa?) dan luarnya garang segarang Jeep Offroad.

Hal pertama yang saya pikirkan adalah jumlah penumpang, salah satu masalah saat bepergian dengan keluarga adalah jumlah penumpang yang selalu sesak karena saudara-saudara saya selalu tidak tahan melihat ruang yang kosong sehingga selalu pengen ikut berpartisipasi dalam memenuhi quota penumpang sehingga seat capasitynya selalu penuh dan load faktornya cukup tinggi (pesawat kali). Ternyata dengan penumpang banyak justru lebih memperpanas kondisi di mobil, apalagi ACnya masih single, saya dulu sempat kepikiran pasang double blower, tetapi teman saya yang gagal dengan double blower pasangan meracuni otak saya, karena katanya double blower pasangan tidak tahan lama ada yang berisik ada yang berair dan rusak melulu, tidak maksimal ke belakang, saran teman saya adalah ganti kunci mobilnya, lah apa hubungannya? Ternyata ganci kunci mobil berarti ganti mobilnya dengan yang lebih bagus, siwalan deh, bagi saya pribadi pemasangan double blower kijang kapsul di plafon sangat tidak estetis alias merusak pemandangan dengan jendolannya kadang pinggirnya juga kelihatan selang (kalo pasangan), maka saya abaikan ide itu saya berharap suatu saat bisa pasang triple blower seperti innova yang hanya keliatan lubangnya doang di plafon, atau seperti camry yang muncul anginnya dari console box bawah. Entah kapan bisa terealisir.
Jadi untuk mengurangi load factornya saya rubah jok tengah dan belakang menjadi hanya untuk masing-masing 2 penumpang saja mengingat yang sering menggunakannya adalah saya, istri dan 2 anak saya, perubahan jok menjadikan mobil hanya muat berenam termasuk sopir yaitu dengan merubah jok tengah menjadi dua seperti alphard menggunakan captain seat dan merubah jok belakang seperti sofa dengan arm rest besar yang khusus menjadi kabin anak-anak. Jadi kalau bepergian saya dengan istri paling depan, tengah bisa ibu/bapak atau mertua dan anak-anak dibelakang, dengan kabin seluas itu saya berharap mobil akan menjadi terasa nyaman, mari kita coba buktikan.

Akhirnya mobil saya bawa ke bekleding Sadad di Baros sukabumi, sebelumnya saya coba ke para pembuat jok mobil ternyata mereka hanya bisa melapisi jok saja jarang yang bisa merubah jok (hardwarenya), biasanya keterampilan itu dipunyai tukang bekleding khusus, Mr. Sadad akhirnya mulai menterjemahkan ide saya yaitu dengan merubah jok tengah menjadi captain seat seperti alphard, hasilnya gimana? Yah ga bisalah seperti alphard tapi lumayan mirip-mirip, jok sudah dilengkapi pengatur maju mundur serta reclining seat, jadi anak saya kalo ke belakang bisa lewat tengah ataupun lewat pinggir denganmemajukan dan menundukkan dulu joknya, lumayan tidak seperti dulu yang selalu jungkir balik karena kebiasaan anak saya pada saat mobil sedang jalan selalu bolak balik depan belakang. Selain itu yang bikin sedikit manis adalah arm rest tengah seperti sandaran tangan captain seat, cuma masalahnya karena bekledingnya tidak punya alat lengkap jadi pemasangannya sederhana saja dengan baut dan penahan padahal captain seat aslinya menggunakan rotor dengan 3 penahan, yah mau gimana lagi, ntar kalo udah nemu rotor second untuk arm rest akan saya ganti.

Jok belakang Saya minta dipendekin kelebarannya supaya ada space untuk arm rest seperti sofa, ditengah jok saya buat ada sandaran tangan yang bisa dilipat jika perlu, selain berfungsi sebagai sandaran tangan juga bisa digunakan sebagai tempat minum atau tempat permen. Untuk pembuatan arm rest sofa ternyata tidak sebagus yang dikira hanya kotak biasa, nampaknya Mr. Sadad sudah kehilangan ide, ahirnya saya minta dia buat box serbaguna didalam arm rest tersebut yang bisa dibuka tutup, selain itu box diperlebar kedepan untuk menutupi jendolan ban bawah, untuk mempercantiknya box tersebut dibuat menjadi tempat menyimpan minuman serta mainan anak, semua box dilapis kulit sesuai warna jok. Hasilnya? Liat aja deh sendiri

Saya pikir perubahan interior akan selesai disitu ternyata bukan akhir tetapi awal dari proses yang panjang karena meniru tipe termewahnya berarti melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada, Pertama yang saya lakukan adalah melengkapi interior kijang dengan kelengkapan-kelengkapan baru, Konsol box lama saya ganti (aslinya LX tidak ada konsol box), jadi konsol box saya gunakan konsol besar tipe yang EFI dan dibungkus kulit supaya kelihatan mewah, kemudian pegangan penumpang saya lengkapi termasuk pegangan di panel kaca depan (seperti hilux), pegangan panel tersebut untuk anak saya yang suka berdiri didepan memperhatikan lalu lintas. Setir saya ganti dengan setir Avanza 3 palang, maunya yang 5 palang tapi kemahalan.

Pegangan perseneling yang kelihatan jadul dirubah menjadi pegangan kayu supaya eksklusif termasuk pegangan rem tangan saya buat motif kayu, terakhir dashboardnya yang terlalu standar mau diapain? Biasanya ada wood panel khusus tapi saya pikir pemasangan wood panel jarang yang sempurna dan keliatan banget jendolannya, akhirnya saya gunakan lapisan kayu khusus (kayak scotlite) yang bisa ditempel dan recananya nanti tinggal disemprot sama coat biar tebel, aksesoris lain saya pasangin seperti jam bekasnya avanza (sayang gak tahan lama, sekarang jamnya ngaco sehingga saya tambahin jam hadiah dari RS Bintaro), lampu untuk melihat koin yang dipasang ditempat pemanas rokok. (Salah satu fungsinya membuang tempat bakar rokok karena jika ada selalu pada ngerokok didalam mobil).  Selain itu tidak lupa shaun the sheep kesukaan anak saya serta iphone holder untuk menyetel lagu-lagu saya dari iphone.

Selesai depan bagian tengahnya ternyata tidak enak dilihat karena hanya 2 kursi dengan tengah karpet yang selalu diinjak anak saya sehingga kotor, akhirnya saya cari konsol tengah sedan lengkap dengan tempat minum otomatis supaya kelihatan manis,   saya lengkapi juga dengan tempat koin karena anak saya saya suka ngasih uang ke pengamen atau pengemis. Dan hasilna lumayan kelihatan manis, jadi jok tengah bisa juga menyimpan minuman ditengahnya. Selanjutnya tidak dilupakan safety belt ditengah dan belakang secara lengkap untuk menjamin keamanan penumpang. Yang bikin manis lagi saya pasangin twitter dipanel tengah, jadi kalau lagi dengerin lagu yang ada suara air gemericik atau deburan ombak terasa ada dibelakang kita.

Cukup? Ternyata belum, kaca yang diengkol jadi masalah juga buat anak saya karena suka mengeluh berat muter engkolnya dan pengen yang dipencet (power window), maka saya bawa ke bengkel power window di Sukabumi, sayangnya mereka tidak punya arm rest yang ditempel di door trim sehingga arm restnya saya pesan dari Jakarta, hasilnya tidak terlalu bagus apalagi yang tengah karena yang tengah dibuat oleh bekleding dari kayu karena tidak sabar nunggu arm rest tambahan dari Jakarta yang indent. Tapi fungsinya sudah lumayan anak saya senang tidak perlu cape cape ngengkol. Kaca fimnya juga diganti dengan yang gelap atas permintaan anak saya biar keren katanya, tapi ternyata anak saya bener juga, sebelumnya kaca film yang digunakan sejenis mirror yang bisa memantulkan bayangan, tetapi karena warna mobil saya silver gold jadi warnanya mati karena kaca dan body sama-sama memantulkan, sesudah diganti dengan kaca film gelap mobil memang kelihatannya lebih keren.

Satu hal lagi yang jadi ganjalan yaitu hobby anak saya yang menonton film kartun memaksa saya mengorbankan head unit saya yang belum ada DVDnya, akhirnya membuat saya membeli TV mobil untuk diplafon tengah dengan ukuran 10 inchi dan didepan dengan ukuran 7 inchi. Supaya depan belakang bisa nonton, sebenarnya yang depan fungsinya control saja supaya bisa ngatur apa yang ditonton anak-anak, otomatis dvd playernya saya beli juga yang baru menggantikan Head Unit Pioneer saya yang hanya bisa CD, sedangkan untuk power sudah saya lengkap sebelumnya menggunakan 4 chanel. masalahnya ternyata karena Head Unit DVDnya merk biasa jadinya kualitas suara tidak sesuai selera saya sehingga saya ganti kembali dengan Head Unit Pioneer yang bagus dan lengkap dengan DVD.

Ternyata tidak cukup sampai disini, sebagai ahli tata suara music (wuakakaka) saya tidak merasa cukup dengan suara music yang seperti itu, jadi akhirnya saya robah total konsep tata suaranya, power yang ada dibawah jok depan tidak saya ganti, tetapi twiter saya tambah menjadi 6 twitter depan empat dan tengah 2 merk pioneer karena saya suka desisan suara music, subwoofer di belakang saya gunakan 2 buah dengan merk fabulous, lumayan tuh mantep, sayangnya saat ponakan saya pake ke pelabuhan ratu dan digenjot powernya secara penuh oleh dia ternyata subwoofernya jebol sebelah, weleh weleh kebiasaan anak muda tuh genjotin spaker orang sampe jebol ga tau susah belinya.

akhirnya mobil saya bawa ke Dadoen Audio Car dan saya minta ganti Subwoofer dengan yang bagus, direkomendasikanlah Subwoofer merk Kickers yang kekuatannya 4x fabulous, jadi 2 speaker fabulous ukuran 12 inchi saya tuker tambahin dengan 1 subwofer merk kickers ukuran 12 inchi juga, memang hasilnya OK banget, bassnya bulet ga pecah apalagi kalo pintu belakang dibuka bisa dipolin sampai volume 30, tapi hanya bisa dipolin dipantai kalau dirumah mah pasti dilemparin tetangga. Masih ada sedikit kurang yaitu midrange yang kurang jelas maka dipasanglah midrange ukuran 8 inchi bekas BMW di door trim, hasilnya top margotop, treble dan mid range tidak nyampur dan bening. Dengan mengurangi subwoofer istri juga senang karena dibagasi belakang bisa muat untuk nyimpan belanjaan yang sebelumnya harus masuk ke jok belakang.


Beberapa tambahan kelengkapan dipasang seperti konsol plafon serbaguna untuk tempat tissue dan lampu kabin depan, Drink holder di kabin anak buatan jepang dipasangin selain bisa buat menyimpan minumannya juga bisa berfungsi sebagai tempat buah, selain itu disisi kiri dipasang remote holder supaya anak saya bisa ngatur volume dvd, selain itu ada tempat mainan kecil-kecil. Boneka dipasang disudut sudut jok supaya anak gampang bermain selain itu guling shaun the sheep bisa menemani dia saat ketiduran di mobil, sedangkan keranjang tempat alat cuci mobil disimpan dibelakang dengan sikat buaya kesukaan anak saya. Tempat sampah dilengkapi untuk jok depan dan belakang karena tak jarang bekas makanan anak-anak berhamburan di lantai sehingga harus dibiasakan membuangnya ke tempat sampah. Yang sedikit nyeleneh anak saya minta dipasangin singa jabrig kesukaannya sebagai tempat twitter, alhasil perut singa jabrig kita belah dan dimasukkan twiter autobahn kedalamnya, hasilnya lumayan juga mirip mobil taman kanak-kanak.

Apakah selesai sampai disini? Nampaknya belum, untuk interior saja saya masih kepikiran untuk membungkus dashboard dengan kulit, panel-panelnya mau dibungkusin lagi dengan fiberglass yan dibungkus kulit, warna interior pengen krem semua, apalagi exteriornya belum disentuh sama sekali, saya sempet ngobrol dengan mas nuris ahli Kijang Alto, biayanya lumayan bisa buat tukar tambah ama mobil agak baru he he he, tapi nampaknya buat penggemar otomotif biaya tidaklah jadi ukuran kepuasan, teman saya cerita mendandani mobilnya habis 70 juta padahal nilai segitu bisa beli mobil lagi, kalo saya pribadi tidaklah perlu seperti itu, saya berencana mencari aksesoris alto yang second seperti towing, snorkel, deflecta, roof rack tidak lupa velg ukuran 16 inchi dengan ban Mud Terrainnya, kalo ada yang mau jual second bolehlah kontak ke FB. Yah manusia memang tidak ada puasnya, tapi hitung-hitungan saya biaya totalnya mungkin sama dengan tukar tambah dengan mobil agak baru tetapi nilai kepuasannya lain, apalagi si kecil yang memang sukanya mobil begituan, daripada terjerat kredit Fortuner lebih baik dikit-dikit modifikasi dan bebas utang, sekalian belajar otomotif, mudah-mudahan ada rezekinya.

13 komentar:

  1. Heheh Lucu juga mas artikel nya,

    saya kebetulan juga lagi pengen dandanin kijang kapsul LX thn 2000 milik orang tua saya, dan lagi cari info apakan stir avanza bisa di pasang di kijang kapsul, eh kebetulan baca blogs nya dan ternyata bisa ya, heheh..

    Ga ke pengen ganti kaca spion jadi elektrik mas? saya denger spion avanza dan yaris bisa di modif untuk pasang di kijang kapsul, tapi saya masih ragu sebelum melihat buktinya =p

    Bravo mas..
    Thank you bwt info nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. spion avanza ada temen dari TKCI bali uda pasang mas, bisa di pakai di kijang kapsul.

      Hapus
  2. wah...seru banget kijangnya, mas. saya jadi tertarik ndandani kijang SX 2001 saya, warisan keluarga...tapi bisa share ndak.total biayanya ? buat ancer-ancer mass...

    BalasHapus
  3. ternyata secara ga sadar modifikasi mobilnya berdasarkan "pesanan" anak hehehe. artikel bagus mas. :)

    BalasHapus
  4. Jadi kepengen ngeganti kaca model engkol dengan power windoe electrik.... kira-kira dananya habis berapa ya mas untuk mobil kijang LSX saya, hanya untuk 2 pintu saja... mohon informasinya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk 4 pintu sy cuma kena 1,4 juta krn giginya masih pake yg lama (ganti gigi biasanya sering macet), kalo 2 pintu setahu saya sekitar 800 ribu

      Hapus
  5. minat juga buat modifikasi kijang LX saya tahun 2001 yang masih sangat standar..hehe
    mau tanya biaya boleh kan mas..hehehe
    1. harga asesoris yang dipasang dibelakang spt foto mobilnya mas yang pas kita nginjak rem hidup lampunya"gak tau namaya..hehe...barapa ya mas?
    2. biaya ganti stir avanza 3 palang brapa mas?
    3. biaya buat power window sama arm east...
    4. yang warna cat kayu itu kaca filem atau cat mas?? dijawab ya,,,makasih

    BalasHapus
  6. bagus banget, kreatif, jadi kelihatan mewah.. bravo

    BalasHapus
  7. sungguh tulisan yg sangat istimewa...tulisan anda menyadarkan saya....

    BalasHapus
  8. dmn ya saya bisa modivikasi kijang saya tolong donk kasih alamat buat modivikasi

    BalasHapus
  9. good kreatitifity, sorry mas bro, klo boleh tau budget yang udah dikeluarin berpaan ya untuk keseluruhan? kebetulan ane punya kijang LX jg, pengen ane rombak dikit.. mohon arahannya ya mas bro..

    BalasHapus
  10. Kasian si mas kalo pada nanya harga dan jadi sama semuanya :p hehe
    kebetulan mobil saya juga LX tahun 2000 jenuh banget pakainya, tapi liat tulisan mas jadi ada sdkit pencerahan hahaha
    nice shared

    BalasHapus