Rabu, 25 April 2012

KODOK AJAIB



“Cicak-cicak di dinding, diam diam merayap” pernah denger kan lagu anak-anak ini? Lagu inilah yang mungkin mengacaukan logika anak saya ketika suatu pagi yang dia lihat nempel didinding kamar mandi bukanlah cicak tapi suatu makhluk mirip kodok berwarna hijau, dengan sekuat tenaga dia berlari kearah saya dan istri yang sedang mengobrol dan berteriak,”Ayah, Ibu” ada kodok ajaib bisa nempel didinding, bener ayo liat!”, saya menuruti keinginan anak saya sekalian ingin membuktikan apakah benar ada kodok ajaib, ketika sampai di kamar mandi saya tertegun sebantar eh bener juga ada sesosok makhluk seperti kodok nempel didinding seperti lintah disekitarnya seperti ada lender, tapi ketika dilihat dari dekat kok mirip hiasan tanah liat bahkan dia tidak bergerak sama sekali, dari warnanya seperti bukan kodok asli, bahkan kakiya tidak terlihat alias benar-benar nempel di badan, kemudian saya dekatin lagi ternyata benar-benar kodok, pikiran awam saya pun berputar, apakah ini jenis kodok baru? Atau memang kodok ajaib seperti kata anak saya (he he). Penasaran akhirnya saya googling tentang kodok yang menempel di dnding eh ternyata kodok ini adalah sejenis katak pohon yang hidup di hutan-hutan dan saat ini sudah langka. Nama latinnya adalah Rhacophorus javanus atau yang berarti katak pohon Jawa. Ini adalah salah satu jenis katak yang beracun.
Beberapa hal yang menarik dari katak pohon ini:
·      kaki-kakinya dilengkapi alat khusus yang memungkinkan katak ini menempel di pohon. Merayap di kaca jendela juga bisa.
·      lompatannya cukup jauh, bisa mencapai 1 meter
·      mampu mendeteksi adanya air yang dapat dipakai untuk bertelur, walaupun air cuma sedikit dan tempat air tersebut tersembunyi. Kalau kita lalai membiarkan ada air tergenang sedikit, ada kemungkinan dipakai sebagai tempat bertelur katak ini. Katak ini untuk bertelur kurang menyukai genangan air yang terbuka, lebih menyukai air yang tertutup sedikit di atasnya. Kemungkinan supaya telur-telurnya tidak berantakan kalau kena hujan
jenis-jenis katak pohon di Jawa, antara lain: Javan Tree Frog, Green Flying-Frog, Gold Striped Tree Frog, Wine-Coloured Tree Forg, Jacobson Tree Frog, Striped Tree Frog, File-eared Tree Frog dan Katak pohon mutiara belum ada nama Inggrisnya. Banyak hal menarik tentang katak pohon. Seperti anakan dari Gold Striped Tree Forg, dimana katak pohon ini tidak bermetamorphosis alias tidak mempunyai berudu. Begitu netes langsung jadi katak kecil. Jadi tidak semua yang diajarkan di SD bener semua. Selama ini orang berpikir katak harus bertelor di dalam air. Ternyata tidak, katak pohon itu bertelur di antara daun-daun, biasanya telur-telurnya akan jatuh ke dalam parit. Jadi cukup aman untuk telur katak pohon yang memang membutuhkan air.
Ada dua tipe sarang katak pohon, ada yang bertelur di daun dan ada yang bertelur di tanah. Sekali bertelur biasanya hamper 30 butir. Tidak semuanya menetes, mungkin setengahnya saja. Katak pohon sangat tergantung dengan musim. Intinya tergantung dengan curah hujan. Dan nyatanya katak pohon tidak selalu berwarna kecoklatan, ada juga yang berwarna hijau dan kekuningan. Apalagi di Amerika Selatan,warnanya cantik-cantik. Seperti juga yang ditemukan anak saya ini berwarna hijau

Akhirnya karena takut ada racunnya maka kodok itu saya usir pake sapu dan sempat saya potret, lumayan nih kodok jenis langka, kebetulan kamar mandi tersebut ada di lantai dua sehingga kodoknya saya keluarkan lewat balkon lantai dua, ketika dia kabur dan meloncat ternyata kakinya panjang dan lompatannya jauh seperti terbang. Saat ketemu tetangga iseng-iseng saya cerita tentang kodok langka yang saya temukan, tetangganya bilang, “ Ah itu mah ceukay kali, soalnya sempet ke rumahnya juga ada ceukay nempel di dinding kadang ada yang warnanya coklat kadang ada yang hijau”, ceukay? Perasaan waktu saya kecil saya sering denger temen saya bilang ceukay, bahkan ada temen saya yang dijuluki si cheukay karena kakinya panjang, tapi seumur-umur memang saya baru lihat wujud cheukay ini, ah ternyata saya aja yang katro, kirain menemukan species langka taunya species umum, sayanya aja yang langka berinteraksi dengan alam. Jadi sekarang mungkin lagu cicak-cicak didinding bisa juga diaransemen ulang dan diganti judul dengan Katak di Dinding supaya kita lebih mengenal lagi jenis kodok langka ini. 

31 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. dan sekarang hewan itu ada di kamar mandi saya

    BalasHapus
  3. Hewan itu ada di dinding gudang saya n di pucuk pohon pepaya saya...warnanya coklat muda...

    BalasHapus
  4. Hewan itu ada di dinding gudang saya n di pucuk pohon pepaya saya...warnanya coklat muda...

    BalasHapus
  5. kmaren kodok itu ada dikamar mandi saya, saya sampai gak berani masuk kmar mandi, kira2 gmna ya cara mengusir katak sperti itu? dan bhaya apa nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ..katak nya ada dalam kamar mandi 😥😥

      Hapus
    2. Saya juga skrg di dinding ruang tamu

      Hapus
  6. Ladi nonton Tv ada kodok masuk. Trus waktu saya mau nangkep kodok nya lompat ke kulkas, habis itu lompat lagi ke tembok trus manjat kayak cicak. Katanya kodok beracun yah? Untung ga saya pegang karena udah lompat duluan.

    BalasHapus
  7. di jawa di namakan kodok bencok....bisa merayap di dinding....kata bapak kencingnya beracun dan bisa menyebabkan penyakit kadas...

    BalasHapus
  8. Sekarang ada di dekat depan pintu saya, untung gag dipegang gara2 takut. Kodoknya bewarna coklat

    BalasHapus
  9. Sekarang ada di kamar mandi saya, :( :( :( bingung cara buangnya, di dktin malah loncat ke arah saya, kan panik :( :(

    BalasHapus
  10. Sekarang ada di ruang tamu saya,warnanya orange

    BalasHapus
  11. Dan sekarang kodoknya ada di kamar mandi saya, warnanya coklat :(

    BalasHapus
  12. Emang bener kodok itu kalo.nemoel.ke badan susah di copotinnya?

    BalasHapus
  13. Sekarang ada di ruang tamu saya

    BalasHapus
  14. Sekarang ada dikamar saya. Mau dikeluarin tapi udah loncat entah kekamar bagian mana.

    BalasHapus
  15. Sekarang di ruko saya, sama persis yg ciri ciri di atas.melompat jauh,merayap dinding.karna beracun dibuang aja.

    BalasHapus
  16. Wduh.. barusan saya Nemu kodok Kya gitu, saya baru tau klo kodok kya gitu beracun. Pdhal sempat saya rekam trlalu dekat.

    BalasHapus
  17. sekarang ada di ruang tamu saya..waduh sialan bikin tamu tunggang langgang.. :(

    BalasHapus
  18. sekarang ada di dalam celana saya...ampun masuk nya dari mana
    empuk-empuk geli gitu

    BalasHapus
  19. Ditaman saya juga ada tapi warna coklat

    BalasHapus
  20. Skrng ada d kmr mandi saya warna nya coklat,dan mengeluarkan air yg agak lengket seperti air gula kena tangan sama rambut q

    BalasHapus
  21. Saya mencari kodok apa yg nempel di tembok rumah saya,,,,,ehhh ternyata bener ada,nih masih di kamar mandi saya sekarang

    BalasHapus
  22. Lagi boker liat kodok biasa aja kan disudutan cuek aja sih awalnya. Pas mau keluar dari pintu kaget kodoknya malah merayap didinding kwwkkw.. mungkin sikodok kehilangan jati diri kodok apa cicak wkwkwk

    BalasHapus
  23. Gimana sih cara ngusir nya .. sumpah geli banget

    BalasHapus
  24. Dan skrg katak itu ada dikamar mandi sy sueee

    BalasHapus
  25. Dan sekrang berada dikmar mandi anak sya..jd takut klo beracun..

    BalasHapus
  26. Dan skrng katak itu ada di pintu rmh saya.. gimana cara ngusirnya

    BalasHapus
  27. dan sekarang hewan itu ada d pntu dapur saya. geli bnget. bru prtma liak kdok d dinding

    BalasHapus
  28. Dan sekarang katak itu di dinding rumah saya pas mau di usir malah loncat ke saya kan panik :( terus malah keliling rumah kya mau nakutin saya

    BalasHapus
  29. Bisa naik ke kamar mandiku lantai 2. Jijik takut kena racunnya juga 😭. Gimana dah bisa traveling ke situ...

    BalasHapus