Jumat, 30 September 2011

KOLEKSI JAM ANTIK JUNGHANS


Oleh: Irman Musafir Sufi
Bulan lalu saya sempat motret beberapa koleksi jam junghann bokap di sukabumi (beberapa karena banyak), bokap mulai mengoleksi jam sekitar 10 tahun yang lalu, awalnya beliau mendapatkan jam antik junghans ini dari temannya seorang haji, karena tertarik kemudian dalam setiap kesempatan tholabul ilmi selalu sekalian hunting terutama haji-haji di desa sekitar sukabumi cianjur, sebenarnya bukan cuma jam antik beliau juga mengkoleksi lampu jadul tapi karena koleksinya sedikit maka tidak saya bahas. koleksi bokap ini menjadikan cucu-cucunya (termasuk anak saya) menyukai jam, memutar dan membunyikannya sampe rusak he he


Jam antik Junghansnya yang sekarang ada dirumah beliau sekitar 12 buah mulai dari 2 kawat sampai 6 kawat, mulai dari jam dinding biasa, jam meja kayak radio, jam kikuk (yang keluar burung saat bunyi) bahkan ada jam duduk setinggi 2 meter, (tapi jam duduk ini mesinnya sedang diperbaiki) , tahunnya rata-rata 1800an sampa dengan awal 1900an,  kalau ada kumpul2 keluarga di rumah bokap, pada jam tertentu apalagi jam 12 malam dentang jamnya bersahut-sahutan (anak saya bilangnya jam neng nong), dan istri saya akhirnya selalu minta semua jam dimatikan saat kami berkunjung karena anak saya ga bisa tidur. Jam yang dirumah bokap ternyata cuma sisa, yang lainnya ada 3 buah disimpan di rumah saya (bukan disimpan sih saya yang minta), yang paling suka ada jam dinding mungil dengan angka romawi tetapi suaranya lumayan kencang, lucu banget. Yang lainnya ada yang dibawa kakak dan adik saya, selain itu sekitar hampir 20 buah sudah diberikan ke masjid-masjid di sekitar cianjur selatan, kata ayah saya buat bekal dia khirat (bokap dan nyokap saya lahir di cianjur selatan, daerah pagelaran dan sekitarnya), saya kurang tahu nasibnya jam-jam tersebut karena ada beberapa berita katanya mati trus pada dicoba diputer tapi tetap ga bisa jalan.
Untuk mengurus jam tersebut memang ga mudah, karena posisi jam serta cara muter juga pengaruh, ayah saya punya teknisi jam sendiri yang pertama namanya mang daud almarhum dan yang sekarang mang enay, mange nay ini buka praktek di pasar sukabumi, jika ada masalah dengan jamnya mereka selalu siap dipanggil. Mang enay memprediksi bahwa sayalah yang akan meneruskan koleksinya, tapi ga tau juga saat ini yang saya koleksi cuma jam tangan dan buku saja, dan tidak terlalu serius, sebelumnya saya sempat koleksi uang kuno dengan serius, uangnya cukup lengkap dari koin sampai kertas, dari jaman majapahit sampai dengan tahun 60-an, bahkan saya sempat punya uang majapahit bolong segede gaban (lebih besar dari CD), sayang saat kuliah barang2 tersebut hilang entah kemana. Jadinya sekarang males koleksi-koleksi lagi.
Jam dinding Junhans buatan Jerman ini memiliki 5 senar baja dengan sistem putar dan berdentang setiap 1/4 jam, keistimewaan dari jam dinding ini selain seluruh materialnya yang masih orisinil juga karena jam ini adalah jam mekanis, alias jam yang sama sekali tidak menggunakan listrik ataupun komponen elektronika seperti baterai. Saya pribadi sangat mengagumi mekanisme kerja jam mekanik yang bisa dibilang tidak sederhana, memerlukan perhitungan dan ketepatan yang prima guna membuat gir-gir kecil didalamnya bisa berputar dan bersinergi secara harmonis dengan puluhan komponen lainnya sehingga menghasilkan presisi yang tinggi.
Jam junghans ini memang sangat diminati oleh penggemar jam. Pabrik Junghans didirikan pada 1861 oleh Erhard Junghans bersama Jacob Zeller, pada mulanya hanya memproduksi komponen-komponen dari jam lain yang sudah ada di pasaran, selanjutnya pada 1866 baru mulai memproduksi jam secara lengkap. Diteruskan oleh anaknya pada 1875, Arthur Junghans menciptakan berbagai macam inovasi baru yang semakin memperkokoh posisi jam Junghans di pasaran saat itu, hingga mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1903 dengan 3000 pekerjanya berhasil memproduksi 3 juta jam setiap tahunnya. Bahkan saat ini pabrik pertama mereka dijadikan museum dan peninggalan artifak di Jerman. Wallahu a’lam

30 komentar:

  1. hai agan,barangkali agan mau nambah koleksi,saya ada junghans grandfather ( junghans duduk ) th 1940 bandul 3

    kondisi masih ok
    kalo agan pgn liat fotonya bisa liat di kaskus, lagi saya iklanin. nick ranchooooo

    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih ada jam grandfater saya minat 087878593298

      Hapus
    2. Saya ada jam junghans grandfather westminister super deluxe, minat WA : 089636303430

      Hapus
  2. Salaam..
    Sy mau tanya, kalau seting jumlah dentang jam di rmh gmn ya? Skrg ini kalao jam 6 dentang nya 8 kali, kelebihan 2 kali. jam 7, 9 kali.
    Please advice

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang cari plat batang kecil yang jika diangkat keatas denting mulai jalan tanpa memutar jarum jam. Jadi terus ulangi2 angkat lagi sampai ke saat jumlah dentang yang kita inginkan sesuai jarum jam... sypun alami hal itu ...dan berhasil...

      Hapus
  3. Hallo Pak...saya punya Jam asli junghans beli di jerman lapis emas 21 tahun masih ok jalan bagus kondisi 90% bagus...mau jual, bagi yg berminat kontak saya 082136543950. Tks

    BalasHapus
  4. Yang mau jual jam junghans atau jam antik lainya boleh hub saya 087878593298thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan, mau jual nih jam dinding antiq Junghans Wurttemberg B42 Ori th. 40-an, 2 lubang, tangan pertama. Kondisi mulus, mesin normal, lancar. Box kayunya ori belum dipoles, dibangun. Harga 5 jt.
      081273699800 WA

      Hapus
  5. Yg mau jual jam junghans senar 8 plat timbul,3lubang kondisi rusak bisa hubungi sy di 081357025678

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ada jam junghans grandfather westminister super deluxe, minat WA : 089636303430

      Hapus
  6. Hii gan barangkali mau tambah koleksi jam nya. Sy punya jumhans sdh 70 tahun lebih usianya. Masuh ok. 0816928954

    BalasHapus
  7. Gan, mau jual nih jam dinding antiq Junghans Wurttemberg B42 Ori th. 40-an, 2 lubang, tangan pertama. Kondisi mulus, mesin normal, lancar. Box kayunya ori belum dipoles, dibangun. Harga 5 jt. Nego...
    081273699800 WA

    BalasHapus
  8. Permisi agan, jika berminat membeli jam berdiri/jam almari junghans grandmother clock westminster super de luxe. Kayu masih bagus terawat, ukuran 210cmX68cm, 8 dawai, suara masih nyaring, berbunyi setiap 15,30,60 menit. Hubungi saya 085857416477

    BalasHapus
  9. Permisi agan, jika berminat membeli jam berdiri/jam almari junghans grandmother clock westminster super de luxe. Kayu masih bagus terawat, ukuran 210cmX68cm, 8 dawai, suara masih nyaring, berbunyi setiap 15,30,60 menit. Hubungi saya 085857416477

    BalasHapus
  10. Gan gw mau jual jam junghans westminster de luxe grandfather clocks 8 senar 3 bandul
    Kondisi 2 bandul hilang 1 rantai hilang angka jam banyak yg hilang dan kayu sedikit terkelupas di bagian dalam
    Jika berminat hubungi 081360500573

    BalasHapus
  11. Gan ane mau tanya jam meja kotak buatan germany dgn no mesin 206647 mesin masin jalan tpi jarumnya blm mutar

    BalasHapus
  12. jika ada yg minat hubungi ke no.082114289462

    BalasHapus
  13. Caba aja langsung di bawa gan ke service jam junghans di kemang timur. Jaakarta selatan siapa tau bisa di bantu

    BalasHapus
  14. mantaf.. blognya, jam bernilai history dengan harga yg juga fantastic

    BalasHapus
  15. Saya ada jam meja junghans-germany 2 diperkirakan th 1930
    Jam nya gk hidup lg,jika ada yg minat buat koleksi
    082282372222

    BalasHapus
  16. Saya punya jam junghans 8 senar 3 lobang mati total ingin dibetulin..ada yg tau service dibandung yg bagus

    BalasHapus
  17. Balasan
    1. Saya ada jam junghans grandfather westminister super deluxe. Minat WA : 089636303430

      Hapus
  18. Saya ingin jual jam junghans kondisi masih bagus. Hubungi 08561188242

    BalasHapus
  19. Memang asyik dengerin dentang jam dinding Jughans setiap 15 menit berselang.Barang antik harga fantastik.

    BalasHapus
  20. Di jual jam junghans Germany. Grand Father. Westminster Super De Luxe. Kondisi Ok. Hub : cone - 089636303430 (wa)

    BalasHapus
  21. saya ada peninggalan ortu 3 bandul tapi sudah tidak menyala.. ada yang minatkah? WA 081298076908

    BalasHapus
  22. Junghans Dinding ¼-an 5 senar, 3 lubang..W103 284 kondisi pegas no.2&3 pengaitnya lepas (bkn putus)..box msh bagus dan kuat silakan hub.081333945444..fast respon harga bersahabat.Lokasi Malang Jatim

    BalasHapus