Senin, 03 Oktober 2011

CIRI FISIK RASULULLAH



Oleh: Irman Musafir Sufi
Mungkin kita sudah tahu dan mengenal Rasulullah melalui sikapnya, lemah lembutnya, perbuatannya dan segenap kehidupan rasul dari hadis-hadis yang dijadikan panutan atau acuan dalam berkehidupan, tetapi mungkin diantara kita ada yang belum tahu seperti apakah ciri-ciri fisik rasulullah SAW? Berikut saya rangkumkan dari buku berjudul “Wajah Rasulullah” karangan Dr. Sir. M. Zafrullah Khan, beliau seorang ahli hukum asal Pakistan dan pernah menjadi menteri luar negeri Pakistan dan pernah menjabat ketua Mahkamah Internasional di Den Haag, beliau sangat taat beribadah dan telah menelurkan berbagai macam buku termasuk terjemahan hadis dan Al Quran kedalam bahasa Inggris, selamat menyimak.
Anas bin Malik meriwayatkan: Rasulullah bertubuh sedang, bercorak kulit cerah, tidak putih sekali namun tidak pula hitam benar. Rambut beliau dapat dikatakan lurus dan agak berombak. Beliau tegap, tidak tinggi maupun tidak pendek, berjalan dengan gesit, melangkah dengan badan sedikit agak condong kedepan.
Bara’a bin Aazib meriwayatkan: Rasulullah tingginya sedang, dengan tulang belikat (pundak) yang bidang. Rambut beliau cukup tebal, panjangnya sampai batas telinga.
Ali bin Abi Thalib meriwayatkan: Telapak tangan dan kaki beliau padat berisi. Beliau memiliki kepala yang agak besar dan kuat. Bulu-bulu halus didada beliau dan terus kebawah sampai kepusar. Jika beliau berjalan, melangkahnya seolah-olah seperti turun (meloncat) dari ketinggian.
Ali bin Abi Thalib meriwayatkan: Beliau tidak berperawakan gemuk dan tidak pula Nampak terlalu berat, beliau berperawakan baik dan tegap, mata beliau hitam dengan bulu mata yang panjang. Sendi-sendi tulang beliau kuat dan dada beliau cukup kekar. Saya belum pernah melihat orang lain seperti beliau.
Hind bin Abi Halah melalui Hasan dan diceritakan oleh Hasan bin Ali sbb: Wajah beliau cerah seterang purnama, beliau sedikit lebih tinggi dar rata-rata kami tapi lebih pendek dari orang-orang yang jangkung. Kepala beliau sedikit lebih besar dari rata-rata, kulit beliau cerah dan dahi beliau lebar. Alis mata beliau lengking hitam dan tebal. Diantara alisnya Nampak urat darah halus yang berdenyut jika beliau emosi atau bergairah. Hidung beliau agak melengkung dan mengkilap jika kena cahaya serta agak menonjol jika pertama kali melihatnya, padahal tidak demikian sebenarnya. Beliau berjanggut tipis tapi penuh dan rata sampai di pipi. Mulut beliau sedang, gigi beliau putih cemerlang dan agak renggang. Pundak bliau kokoh, anggota tubuh lain normal dan proporsional. Lengan dan dada bagian atas beliau ada yang berbulu. Pergelangan beliau cukup panjang, telapak tangan beliau agak lebar serta baik telapak tangan dan kki beliau padat berisi. Jari-jari tangan dan kaki beliau cukup langsing. Telapak kaki beliau cukup legkungannya dan atasnya halus serta bagus bentuknya, Sehingga saat beliau mencucinya maka air akan meluncur dengan cepat kebawah.
Jabir bin Samurah meriwayatkan: Rasulullah memiliki mulut yang agak lebar, dimata beliau terlihat juga garis-garis merahnya dan tumit beliau langsing.
Abu Hurarah meriwayatkan: Rasulullah begitu rupawan rambutnya cenderung berombak dan berjalan agak cepat meskipun santai.
Jabir bin Abdullah meriwayatkan: Rasulullah bersabda: Aku menyaksikan pemandangan (rohani) tentang para nabi. Diantaranya, Musa a.s beliau berperawakan langsing seperti orang-orang suku Shannah, dan aku menyaksikan Isa bin Maryam a.s mirip dengan yang pernah saya lihat yaitu Urwah bin Mas’ud, dan aku melihat Ibrahim a.s beliau mirip dengan sahabatmu ini (maksudnya diri beliau sendiri), saya juga melihat malaikat jibril yang sangat mirip dengan Dehya Kalbi.
Ibnu Abbas meriwayatkan: Gigi depan Rasulullah agak renggang (tidak terlalu rapat) dan jika beliau berbicara tampak putih berkilau.
Jabir bin Samurah meriwayatkan: Aku pernah melihat tanda kenabian di tengkuk Rasulullah, bentuknya seperti kelenjar kemerah-merahan kira-kira sebesar telur puyuh.
Ilba bin Ahmar meriwayatkan: Amr bin Khatab menceritakan, saat memijat punggung beliau, Amr menyentuh tanda tersebut, tanda itu seperti bundaran hitam yang ditumbuhi rambut.
Abu Nadhrat meriwayatkan: Abu said Kudri menceritakan bahwa ciri kenabian rasulullah seperti daging yang menonjol di tengkuk beliau.
Abdullah bin Sarjas meriwayatkan: Saya dapat melihat tanda kenabian di tengkuk beliau. Bentuknya seperti kepalan dan disekelilingnya seperti tahi lalat.
Banyak sahabat yang mengumpulkan peninggalan Rasulullah seperti rambut, gigi, sendal, surban, tongkat, pedang dsb, (saat ini banyak yang disimpan di Museum Topkapi Turki) sebagai rasa cinta terhadap beliau, sayang peninggalan yang lain seperti rumah beliau, dan beberapa peninggalan bersejarah lainnya disekitar Mekkah telah dihancurkan pemerintah Saudi dengan alasan menghindari pemujaan, saya agak kurang memahami faham wahabisme yang terlalu keras dalam menghancurkan situs bersejarah padahal dinegara lain banyak situs non muslim yang dilindungi masyarakat internasional seperti Piramida, Candi Borobudur, Tembok China, bisa jadi sesudah pembangunan besar-besaran di Mekkah secara modern maka kita tidak dapat melihat apa-apa lagi selain bangunan canggih, Mudah-mudahan tulisan ini mengingatkan  mendekatkan kita untuk selalu mengingat Rasulullah SAW beserta tuntunannya. Amin ..
Wallahu a’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar