Minggu, 16 Oktober 2011

Menyelamatkan photo jadul


 Oleh: Irman Musafir Sufi
Tanpa sengaja waktu bongkar-bongkar gudang saya menemukan klise photo/negative film prewedding jaman dulu yang cetakan photonya entah kemana, sebagagian juga berceceran, saya penasaran ingin mencetaknya kembali dan melihat-lihat posenya (maklum lagi belajar pose prewed). Klise saya bawa ke star studio di Pondok Indah Mall, ternyata ditolak sambil tersenyum, kata penjaganya “kalo dimall ga bakalan ada yang cetak klise mas, coba cari deh ke studio biasa”, weleh salah tempat nih gue, akhirnya pas weekend gua bawa aja klisenya ke studio photo kecil di Cibadak Sukabumi, studionya gabungan sama photocopyan, awalnya gue sangsi dan mau ganti ke studio besar di sukabumi, tapi karena takut ditolak kembali, maka kuputuskan untuk dicetak disitu saja.
Ternyata mencetaknya tidak terlalu lama sekitar satu jam, waktu saya lihat ngeprintnya kok dari computer?, akhirnya malu-malu juga gue nanya, mas emang proses cetak klise pake computer? Biasanya kan diruang gelap?, si abangnya jawab “ wah bapak ketinggalan jaman, jaman sekarang itu sudah banyak scanner yang bisa menscan negative photo menjadi file”, aduh kemana aje nih gue kayak baru keluar dari jaman batu, akhirnya gue kepikiran juga kalo file jpgnya bisa gue save, buru-buru gue ngambil usb di mobil, lumayan akhirnya file bisa diminta.
Pas gue lihat hasil photonya ga bagus karena klisenya sudah kotor, gue coba buka filenya dan sedikit-sedikit mengeditnya di photoshop sehingga hasilnya lumayan, tapi ternyata photo-photo tadi jadi bahan tertawaan seisi rumah, pasalnya dipose prewed gue ternyata ga senyum sama sekali alias tegang ha ha ha, baru inget sih dulu stress mikirin biaya pernikahan jadinya susah tersenyum meski photografernya berkali-kali minta gue senyum, pantesan dulu istri gue bilang kalo gue judes, padahal ga judes sebenarnya gue pemalu, itu profesi baru setelah sebelumnya jadi pemahat dan pematung.
Jaman dulu memang Photo digital sudah ada tetapi mungkin masih jarang dan mahal sehingga photo studio masih bertahan dengan klise/negative film alias manual, gue inget dulu yag motretnya temen istri juga namanya Ayung, dia punya studio di sukabumi (dari perempatan asyifa ke atas dikit), kalo sekarang mungkin studionya dia udah pake alat baru juga. Lumayan nih dapet ilmu baru sekalian bisa menyelamatkan photo jadul prewed, gue coba browsing jenis-jenis scanner ternyata memang banyak, dan salah satu modal buka photo studio adalah punya scanner (nambah daftar nih), bagi yang masih punya klise jadul segera deh discan ke photo studio terdekat dan minta filenya, lumayan bisa lebih tahan lama daripada klise.

1 komentar: