Rabu, 07 September 2011

TENTANG BLOG INI

Blog ini adalah salah satu upaya saya dalam melakukan dakwah universal, dakwah ini bermakna dakwah yang cakupannya luas tidak hanya menyangkut agama dan tidak hanya untuk kalangan atau golongan tertentu. Hal-hal berbau SARA juga akan sangat dihindari kecuali fakta sejarah umum sebagai refeensi keilmuan. Blog ini merupakan aktualisasi diri karena pada dasarnya saya suka membaca dan menulis (meskipun tidak suka berhitung he he), namun karena kesibukan saya sebagai manajer HRD di sebuah perusahaan asing di Jakarta selain itu juga beberapa kegiatan lain seperti olahraga, english conversation, pengajian serta mengelola learning centre untuk peningkatan produktivitas cukup menyita waktu saya. Seorang teman sejarawan keturunan Pakistan yang tinggal di Sukabumi, Sir Alif Rafik Khan akhirnya mewujudkan keinginan saya untuk membuat blog (Thanks to Fuehrer Apik).
Blog ini juga adalah cermin kegelisahan saya dengan fenomena ummat saat ini terutama akhlak dan ilmu, saya tidak memisahkan ilmuu agama dengan ilmu duniawi karena bagi saya sangat berhubungan, fenomena yang saya lihat sedikit menyedihkan karena banyak pemuda pemudi kita yang mulai luntur akhlaknya dengan masuknya trend globalisme yang masuk, serta miskin ilmu karena lebih menuruti hawa nafsu daripada ghirah dalam mencari ilmu, Al Quran dan Hadis nampaknya tidak begitu dikenal oleh generasi muda kita dibandingkan gadget, fitur hp dsb, mesjid juga mulai asing bagi mereka kecuali hari jumat dan lebaran. Selain itu yang saya lihat ternyata muncul juga fenomena unik dimana ghirah dalam keagamaan muncul dikalangan tertentu (saya sebut golongan menengah), terlihat dari beberapa komunitas dan jejaring sosial seperti facebook, twitter dan kelompok-kelompok kecil yang mempunyai ketertarikan tinggi terhadap akhlak dan keilmuan (termasuk saya juga), dan ini adalah awal yang baik dalam perbaikan akhlak dan ilmu ummat. Dengan dukungan jejaring sosial serta internet sebagai media lebih memudahkan dakwah yang akan dilakukan.
Hobi baru saya yaitu belajar Photografi menjadi dukungan juga dalam blog ini karena hasil jepretan saya memerlukan wahana untuk mengulasnya, hal ini juga salah satu bentuk rasa penyesalan saya karena sebelumnya saya sering melakukan perjalanan keluar daerah dan luar negeri namun sayang tidak dapat mengabadikan dan menceritaannya kepada teman yang lain karena tak punya kamera. Terimakasih untuk Kang Emang Gunawan Winata yang bersedia mengajari saya tentang photografi.

Pada awalnya (dan pernah saya lakukan dalam blog yang saya buat sebelumnya) saya melakukan copas dari sumber lain untuk mengisi blog ini, namun Sir Alif Rafik Khan memberi saran bahwa copas artikel tidak akan meningkatkan rate blog anda di google search engine, wah berarti kemungkinan kecil orang membacanya dan jika membacanyapun isinya adalah artikel yang ada di blog lain juga, berarti dakwahnya tidak efektif dong, hal ini cukup jadi pertimbangan saya sehingga mulai saat ini saya akan coba membuat artikel sendiri yang original, prinsipnya lebih baik membuat artikel sedikit tapi original daripada banyak tapi copas. Beberapa tulisan ilmiah yang pernah saya buat juga akan saya masukkan di blog ini untuk menambah wawasan. Saya akan memulai tulisan saya dengan sejarah karena saya sangat menyukai sejarah.
Dalam pembuatan artikel sendiri tidaklah luput dari kelemahan dan kekurangan, karena itu comment dan sanggahan sangat saya harapkan dalam memperkaya wacana dan wawasan, secara pribadi juga saya berusaha terus memperbaiki diri baik dari segi keilmuan maupun akhlak, karena akhlak yang baik juga akan lebih menerangi ilmu yang kita punya. Sebagai manusia lemah tentu saya mempunyai kekurangan akhlak, saat ini yang saya lakukan adalah menahan supaya akhlak buruk saya tidak keluar diantaranya dengan sering berpakaian islami terutama dirumah (semoga tidak dianggap teroris), meskipun kelihatannya lebay banget tetapi itu upaya saya untuk mengurangi keburukan saya, ibarat puasa, dengan sorban dan gamis ternyata menahan saya untuk berbuat buruk karena malu dengan pakaian, semoga saya istiqomah untuk menghindari keburukan tanpa tergantung dengan pakaian. 
Ilmu mudah lepas bagaikan anak panah lepas dari busurnya, mudah-mudahan blog ini dapat mengikat ilmu sehingga dapat dibaca oleh semua orang yang memerlukan.
Amiin Ya Rabbal Alamiin

2 komentar:

  1. amin... insyaAllah.. ditambah dg pergaulan yg Islami insyaAllah akan menambah wawasan dan segala yg diinginkan.. aamiin

    BalasHapus