Kamis, 17 November 2011

UPAYA PENANGGULANGAN KRISIS DI PERTAMINA


Oleh: Irman Musafir Sufi
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Sejarah Perusahaan Pertamina
PERTAMINA adalah perusahaan minyak dan gas bumi yang dimiliki Pemerintah Indonesia (National Oil Company), yang berdiri sejak tanggal 10 Desember 1957 dengan nama PT. PERMINA. Pada tahun 1959, berdiri NV Niam yang merupakan perusahaan patungan Amerika Serikat dan Belanda. Pada 31 Desember 1959, 50 persen saham NV Niam diambil alih oleh pemerintah Indonesia, yang kemudian mengubah namanya menjadi PT. Permindo. Pada tahun 1961, PT Permina berganti nama menjadi PN Permina. Pada tahun yang sama Permindo diubah namanya menjadi PN Permigan. Pada tahun 1966, PN Permigan dilikuidasi dan asetnya diberikan kepada PN Pertamin dan PN Permina. Selanjutnya, PN Pertamin dan PN Permina digabung (merger) di tahun 1968, namanya berubah menjadi PN. PERTAMINA melalui UU No.8 Tahun 1971. Dengan bergulirnya Undang Undang No. 8 Tahun 1971, sebutan perusahaan menjadi PERTAMINA. Sebutan ini tetap dipakai setelah PERTAMINA berubah status hukumnya menjadi PT. PERTAMINA (PERSERO) pada tanggal 17 September 2003 berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2001 pada tanggal 23 November 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.
PT. PERTAMINA (PERSERO) didirikan berdasarkan akta Notaris Lenny Janis Ishak, SH No. 20 tanggal 17 September 2003, dan disahkan oleh Menteri Hukum & HAM melalui Surat Keputusan No. C-24025 HT.01.01 pada tanggal 09 Oktober 2003. Pendirian Perusahaan ini dilakukan menurut ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Undang-Undang No. 1 tahun 1995 tentang Perseroan Terbatas, Peraturan Pemerintah No. 12 tahun 1998 tentang Perusahaan Perseroan (Persero), dan Peraturan Pemerintah No. 45 tahun 2001 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 12 tahun 1998 dan peralihannya berdasarkan PP No.31 Tahun 2003 "Tentang pengalihan bentuk perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi negara (PERTAMINA) menjadi perusahaan perseroan (persero)”.
Sesuai akta pendiriannya, maksud dari Perusahaan Perseroan adalah untuk menyelenggarakan usaha di bidang minyak dan gas bumi, baik di dalam maupun di luar negeri serta kegiatan usaha lain yang terkait atau menunjang kegiatan usaha di bidang minyak dan gas bumi tersebut. Adapun tujuan dari Perusahaan Perseroan ini adalah untuk:
  1. Mengusahakan keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan Perseroan secara efektif dan efisien.
  2. Memberikan kontribusi dalam meningkatkan kegiatan ekonomi untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

B.      Visi dan Misi Pertamina

Visi

Menjadi Perusahaan Minyak Nasional Kelas Dunia

Misi

Menjalankan usaha inti minyak, gas, dan bahan bakar nabati secara terintegrasi, berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat

Tata Nilai (6 C)


Clean  (Bersih)
Dikelola secara profesional, menghindari benturan kepentingan, tidak menoleransi suap, menjunjung tinggi kepercayaan dan integritas. Berpedoman pada asas-asas tata kelola korporasi yang baik.

Competitive (Kompetitif)
Mampu berkompetisi dalam skala regional maupun internasional, mendorong pertumbuhan melalui investasi, membangun budaya sadar biaya dan menghargai kinerja

Confident (Percaya Diri)
Berperan dalam pembangunan ekonomi nasional, menjadi pelopor dalam reformasi BUMN, dan membangun kebanggaan bangsa

Customer Focused (Fokus Pada Pelanggan)
Beorientasi pada kepentingan pelanggan, dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Commercial (Komersial)
Menciptakan nilai tambah dengan orientasi komersial, mengambil keputusan berdasarkan prinsip-prinsip bisnis yang sehat.

Capable (Berkemampuan)
Dikelola oleh pemimpin dan pekerja yang profesional dan memiliki talenta dan penguasaan teknis tinggi, berkomitmen dalam membangun kemampuan riset dan pengembangan.

C. Produk Pertamina
Usaha Pertamina sangat luas mencakup Usaha Hulu dan Usaha Hilir:

  1. Usaha Hulu

Direktorat Hulu bertugas untuk mengelola unit-unit usaha di sektor energi hulu. Kegiatan usahanya meliputi eksplorasi, produksi, transportasi, pengolahan serta pembangkitan energi dari berbagai jenis sumberdaya, seperti minyak, gas, dan panas bumi, serta rumpun usaha terkait lainnya, baik di dalam negri maupun  mancanegara. Profil singkat anak-anak perusahaan dan unit bisnis hulu adalah :
 
-   PT PERTAMINA EP (PEP) Perusahaan ini menyelenggarakan usaha hulu di bidang minyak dan gas bumi meliputi eksplorasi dan eksploitasi, serta penjualan produksi minyak dan gas bumi hasil kegiatan eksploitasi. PEP juga menyelenggarakan kegiatan usaha penunjang lain yang secara langsung maupun tidak langsung menunjang kegiatan usaha tersebut di atas.
 
-   PT PERTAMINA GEOTHERMAL ENERGY (PGE) adalah anak perusahaan   Direktorat Hulu PT Pertamina (Persero) yang menangani kegiatan usaha geothermal.

-   PT PERTAGAS merupakan suatu entitas bisnis yang bergerak  dalam usaha niaga, transportasi, distribusi, pemrosesan dan bisnis lainnya yang terkait dengan gas alam dan produk turunannya.
 
-   PT PERTAMINA HULU ENERGI (PHE) adalah salah satu anak perusahaan PT PERTAMINA (PERSERO) yang bergerak di bidang pengelolaan portofolio usaha  sektor hulu minyak dan gas bumi serta energi lainnya.

-     PT PERTAMINA DRILLING  SERVICES  INDONESIA (PDSI) adalah perusahaan yang mengelola 26 rig Pertamina dan 6 rig PT. Usayana. 

-     Exploration and Production Technology Center (EPTC) Aktivitasnya difokuskan dalam aspek pengembangan dan inovasi teknologi kebumian, untuk tujuan eksplorasi dan produksi dengan menyediakan end-to-end EP technology solution yang andal, cepat dan tepat guna. 
 

  1. Usaha Hilir
Usaha hilir terdiri dari dua bagian yaitu Pengolahan dan Pemasaran & Niaga.
2.1  Bisnis Pengolahan
Bisnis Pengolahan PERTAMINA memiliki dan mengoperasikan 6 (enam) buah unit Kilang dengan kapasitas total mencapai 1.046,70 Ribu Barrel. Beberapa kilang minyak seperti kilang UP-III Plaju dan Kilang UP-IV Cilacap terintegrasi dengan kilang Petrokimia, dan memproduksi produk-produk Petrokimia yaitu Purified Terapthalic Acid (PTA) dan Paraxylene.

Beberapa Kilang tersebut juga menghasilkan produk LPG, seperti di Pangkalan Brandan, Dumai, Plaju, Cilacap,  Balikpapan, Balongan dan Mundu. Kilang LPG P.Brandan dan Mundu merupakan kilang LPG yang operasinya terpisah dari kilang minyak, dengan bahan bakunya berupa gas alam.
D.   Pasar Pertamina

a.     BBM Retail

Pemasaran BBM Retail merupakan salah satu fungsi di Direktorat Pemasaran dan Niaga yang menangani pemasaran BBM retail untuk sektor transportasi dan rumah tangga. Pertamina melakukan pemasaran BBM Retail melalui lembaga penyalur Retail BBM/BBK yang saat ini tersebar diseluruh Indonesia, seperti SPBU (Statiun Pengisian BBM Untuk Umum), Agen Minyak Tanah (AMT), Agen Premium & Minyak Solar (APMS), serta Premium Solar Packed Dealer (PSPD).

b.     BBM Industri & Marine

Menangani semua usaha marketing dan layanan jual Bahan Bakar Minyak kepada konsumen Industri dan Marine. BBM yang tersedia meliputi Minyak Solar (High Speed Diesel), Minyak Diesel (Industrial/Marine Diesel Oil), dan Minyak Bakar (Industrial/Marine Fuel Oil).

c.     Pelumas

Bisnis pelumas adalah usaha yang prospektif mengingat PERTAMINA merupakan Market Leader pasar pelumas dalam negeri selama lebih dari 30 tahun. Bisnis Pelumas PERTAMINA terdiri atas bisnis dalam negeri untuk segmen retail maupun segmen industri, dan bisnis pelumas luar negeri. Di samping produk jadi, Pelumas PERTAMINA juga melayani kebutuhan Base Oil Group I dan Base Oil Group III (mulai medio 2008). Pangsa pasar kami saat ini mencapai 54% di segmen retail dan 58% di segmen industri.
Untuk segmen retail di dalam negeri, Pelumas PERTAMINA memasarkan lebih dari 17 Brand, sementara untuk segmen industri sebanyak 18 Brand. Untuk pasar luar negeri, PERTAMINA memasarkan 3 Brand yang merupakan extension dari Brand di dalam negeri. Untuk Lube Base Oil, PERTAMINA memasarkan 5 jenis kekentalan untuk LBO Group I, dan 2 jenis kekentalan untuk LBO Group III.

d.     Gas Domestik

Sejak 1968, Unit Gas Domestik telah berkomitmen untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia dengan menyediakan LPG sebagai bahan baku dan bahan bakar untuk keperluan rumah tangga, komersial dan industri dengan menggunakan brand "Elpiji". Akhir-akhir ini, Elpiji menjadi lebih dikenal dan dekat dengan masyarakat dengan adanya program Pemerintah untuk mengkonversi Minyak Tanah ke Elpiji.

e.     Niaga

Bisnis inti melakukan ekspor-impor dan penjualan domestik untuk Minyak mentah, BBM, dan produk Petrokimia, dengan nilai uang atau revenue yang dikelola sekitar 135 trilyun rupiah pertahun. Bisnis ekspor-impor dan penjualan domestik tersebut dikelola melalui 3 (tiga) Fungsi dibawahnya, yakni Unit Usaha Minyak Mentah & BBM, Unit Usaha Niaga Non BBM, dan fungsi perencanaan, evaluasi dan pengembangan serta koordinasi yakni Fungsi Reneval Niaga.

f.      Aviasi

Sebagai salah satu unit bisnis PERTAMINA - perusahan nasional yang bergerak di bidang energi, minyak, gas dan petrokimia - yang melakukan usaha pemasaran serta penyediaan produk dan layanan bahan bakar penerbangan di Indonesia dan Timor Leste, PERTAMINA Aviasi memiliki aspirasi untuk menjadi pemasar dan penyedia layanan bahan bakar penerbangan kelas dunia dengan jaringan global. Hal ini tertuang pada Visi PERTAMINA Aviasi, dan telah menjadi komitmen dan tujuan kami untuk senantiasa mengembangkan value propositions perusahaan bagi pelanggan dan stakeholders lainnya.

g.     Perkapalan

PERTAMINA Perkapalan memberikan pelayanan di bidang pelayaran.


D.  Pasar Pertamina
  1. Struktur Pasar Industri Hulu
Perusahaan produksi migas Indonesia secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga pemain yakni perusahaan asing, swasta nasional dan Pertamina sebagai BUMN. Dari ketiga pemain ini, porsi produksi terbesar ada pada perusahaan asing yang terdiri dari Chevron Pacific, CNOOC SES Ltd, Total E&P Indonesia, Conoco Philips Ltd, Petro China International, BP Indonesia, Vico Indonesia, Exxon Mobil Oil Indonesia Inc, dimana periode 2000-2006 menguasai kurang lebih 90 persen dari total produksi minyak dan 85% untuk produksi gas bumi nasional. Di posisi kedua, Pertamina sebagai perusahaan Negara menguasai rata-rata 7,5 persen dari totall produksi minyak nasional dan 9,5 persen untuk produksi gas bumi. Sedangkan pihak swasta nasional hanya rata-rata menguasai sekitar 3,5 persen dari produksi minyak dan 4 persen untuk produksi gas bumi.
Industri hulu minyak merupakan pasar oligopoly, dimana 4 pemain menguasai pasar lebih dari 70 persen produksi total minyak Indonesia (Ditjen Migas 2007). Namun jika dirinci, hampir 44 persen produksi dikusasi oleh Cevron Pacific.
Industri Gas bumi juga menunjukkan kecenderungan yang sama dimana 4 pemain menguasai 70,65% produksi total gas bumi Indonesia, dari jumlah tersebut 52 persen produksi gas bumi dikuasai oleh Total.
  1. Struktur Pasar Hilir
Sesuai dengan catatan BP Migas tahun 2006, terdapat 16 perusahaan yang telah terdaftar dalam industry hilir minyak bumi. Dari 16 Perusahaan tersebut terdapat dua pemain asing seperti Petronas dan Shell, dikabarkan dua pemain asing lainnya yaitu Total dan Gulf Air akan meramaikan bisnis SPBU (Business Review, 2007). Badan usaha yang telah terdaftar untuk industry BBM di BPH Migas adalah PT. Jasa Angkasa Semesta, PT. Petronas Niaga Indonesia, Petro Andalan Nusantara, Patra Niaga, Prima Voltanusa, Mahakam Nusa Energi, Inowo Gasindo, Nicor Lubindro Pratama, Redeco Petrolin Utama, PT Bumi Asih Prima Pratama, PT. Tranaco Utama, PT. Petrolux Mandala Energy, PT. Adovelin Rahardja, PT Elnusa Petrofin, PT Kurnia Sakti Wibawa, PT Krida Petra Graha (Shell).
Saat ini bisa kita lihat beberapa SPBU selain Pertamina sudah dibuka seperti Shell, Petronas, British Petroleum meski masih terbatas di Jakarta, untuk saat ini SPBU milik asig hanya menjual BBM non Subsidi. Untuk produk pelumas pertamina masih merupakan market leader di dalam negeri, Pertamina menguasai kerang lebih 57,5 persen pangsa pasar pelumas. Pelumas yang diproduksi oleh Pertamina terdiri atas bisnis dalam negeri untuk segmen retail ataupun segmen industry, dan juga bisnis pelumas luar negeri. Beberapa pesaing Pertamina di dalam bisnis pelumas antara lain Shell, Exxon Mobil, BP (British Petroleum), Caltex, dan Total Final Elf.
Untuk Pasar MFO (Marine Fuel Oil) tahun 2010 pangsa pasar pertamina sekitar 45,5%, untuk pasar gas saat ini Pertamina cenderung menguasai, namun beberapa competitor baru akan muncul, saat ini yang sudah mengantongi ijin untuk memproduksi dan memasarkan gas adalah Petronas.
Pertamina juga mencoba mengepakkan sayapnya keluar negrei seperti kerjasama dengan NOC (National oli Corporation) dari Angola untuk mengadakan penelitian terhadap sejumlah lapangan migas yang terdapat di Angola, baik onshore maupun offshore. Selain itu rencana untuk mengepakkan sayap bisnisnya ke negara Oman dan Myanmar di tahun 2010 menjadi titik awal dimulainya ekspansi pelumas ke luar negeri di tahun 2010 ini setelah sukses menjadi salah satu penguasa pasar oli Pelumas di Negara Kanggoro Australia.







BAB II
KONDISI PERUSAHAAN

  1. Perkembangan Perusahaan
Berdasarkan UU 8/71 Pertamina menjadi satu satunya BUMN yang mengusahakan bidang migas secara nasional. Pertamina berhasil menarik puluhan kontraktor minyak asing untuk melakukan pencarian serta menghasilkan migas, terutama lepas pantai. Hal ini menyebabkan pertumbuhan ekonomi seperti meningkatnya ekspor, penerimaan pemerintah dari sumber dalam negeri meningkat, serta memicu terjadinya perubahan structural dari pertanian ke industry karena sebagian besar dana-dana dari penghasilan migas dialokasikan untuk mendorong perkembangan industry non-migas.

Peningkatan produksi karena keberhasilan management serta Kenaikan harga minyak mentah dunia pada 1973 yang dipicu perang di timur tengah yang dikenal dengan Oil Boom I telah mampu mendongkrak penerimaan Negara secara signifikan, hal ini berulang kembali pada 1979 (Oil Boom II), dimana harga minyak mentah membumbung hingga USD 30 per barel,. Ini merupakan masa-masa panen industry migas nasional yang disebut bonanza  miyak, kemajuan yang telah dicapai sejak berdiri sampai tahun 1980an adalah pengembangan kilang-kilang minyak serta penemuan sumber minyak dan gas bumi lepas pantai seperti di Balongan, Pangkalan Brandan, Plaju, Sungai Gerong dsb.

Krisis keuangan yang parah terjadi pada tahun 1974, ketika Pertamina dipimpin oleh elit militer, Ibnu Sutowo. Pertamina terjebak dalam pembayaran utang yang tidak dapat dilunasi karena terjadi kesalahan pengelolaan didalam tubuh Pertamina. Pendapatan dari minyak saat itu, proporsi yang lebih besar tidak masuk ke kas Negara melainkan untuk kebutuhan militer, untuk bagian lain pemerintahan, untuk diversifikasi Pertamina, dan juga untuk kepentingan pribadi Ibnu Sutowo (Backman, 1990).

Pertamina mulai melakukan reformasi dan mengawalinya dengan mengadakan penelitian yang mendalam, hasil penelitian menunjukkan Pertamina menghadapi jumlah utang cukup besar dan berakibat kepada keuangan Negara, cadangan devisa, pinjaman luar negeri, dan perkreditan dalam negeri. Beberapa langkah diambil diantaranya: (1) Memberikan bantuan keuangan kepada Pertamina untuk membayar utang-utangnya, (2) Meneliti kembali program-program investasi dalam proyek Pertamina di segala bidang, (3) Menertibkan bidang organisasi, tata laksana personalia, termasuk peningkatan kemampuan administrasi dan keuangan. Penilaian awal dilakukan pada awal Juli 1989 oleh Tim Efisiensi BUMN, saat itu hasil uji kesehatan menyimpulkan bahwa Pertamina dinilai “kurang sehat”. Namun pada hasil pemeriksaan ulang, status kesehatan Pertamina dinyatakan sehat sekali.

Perubahan mendasar bagi Pertamina setelah terbitnya UU Migas 22/2001 adalah dilepaskannya peran regulator menjadi hanya salah satu pemain dalam industry migas Indonesia. Tonggak ini bisa disebut sebagai ‘era persero’ bagi Pertamina. Pada than 2003, Pertamina berubah bentuk menjadi PT Persero yang bergerak di bidang energy, Petrokimia dan usaha lain yang menunjang bisnis Pertamina, baik didalam maupun di luar negeri yang berorientasi pada mekanisme pasar. Dengan berubahnya bentuk badan usaha menjadi PT. Pertamina maka berubahlah tujuan dari organisasi yang mengutamakan pelayanan kepada masyarakat menjadi organisasi profit oriented (komersil) hal ini merubah strategi korporat yang selama ini digunakan oleh PT Pertamina untuk menjadi perusahaan minyak kelas dunia. Dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran sesuai dengan visi dan misi perusahaan, strategi yang diterapkan adalah melaksanakan proses transformasi secara menyeluruh yang menyentuh dan mendasar.
Pertamina mencanangkan program transformasi perusahaan pada 20 Juli 2006 dengan dua tema besar yakni fundamental dan bisnis. Mulai dari karyawannya, prosesnya, dan unsur bisnisnya yang luar biasa serta luas cakupannya. Transformasi tak hanya akan merubah kultur birokrat menuju kultur korporat, tetapi dapat menciptakan tata kelola perusahaan secara baik (good cor-porate governance)yang dapat meningkatkan kinerja sebuah perusahaan. Agenda Transformasi Pertamina 
-       Perubahan Paradigma Manajemen dan Sumberdaya Manusia
-       Transformasi Kegiatan Usaha di Sektor Hulu sebagai Penghasil Pendapatan Utama Perusahaan.
-       Transformasi Kegiatan Usaha di Sektor Hilir sebagai Ujung Tombak Perusahaan dalam Interaksi dengan Konsumen.
-       Transformasi Restrukturisasi Korporat: Keuangan, SDM, Hukum, IT, dan Administrasi Umum, termasuk Penanganan Asset.

  1. Perkembangan Perusahaan Sejenis/Perkembangan Global
Lonjakan harga dan gejolak pasar minyak beberapa tahun terakhir seolah memberi amunisi bagi era kebangkitan dan bermunculannya pemain-pemain global baru di bidang minyak dan gas dari negara-negara berkembang. Tidak sedikit di antara mereka adalah badan usaha milik negara. Selama ini, industri minyak dunia dikuasai oleh tujuh perusahaan minyak raksasa dari negara maju, yang sering dijuluki sebagai "The Seven Sisters". Ketujuh pemain besar dari negara maju ini adalah Exxon, BP, Royal Dutch Shell, Mobil Oil, Texaco, Gulf, dan Chevron. Mereka sangat kuat karena menguasai sekitar 40 persen pasokan minyak dunia. "Alasan mengapa 'The Seven Sisters' begitu penting adalah karena mereka yang membuat aturan (rule makers), mereka menguasai industri dan pasar. Kini, 'Seven Sisters' yang baru yang membuat aturan dan perusahaan-perusahaan minyak internasional itu hanya menjadi pengikut (rule takers). Tampaknya sejarah berulang. Dulu, ketujuh perusahaan minyak raksasa ini mengambil alih dominasi dan kepemimpinan pasar dari "Seven Sisters" (julukan yang pertama kali diberikan oleh pakar energi Italia Enrico Mattei) generasi pertama, yang menguasai industri minyak dunia pasca-Perang Dunia II.
Mereka adalah Standard Oil of New Jersey, Royal Dutch Shell, Anglo Persian Oil Company, Standard Oil of New York, Standard Oil of California, Gulf Oil, dan Texaco.
Kini giliran generasi kedua "The Seven Sisters" yang mulai tergusur oleh pemain-pemain global baru dari negara berkembang, yang sebagian besar di antaranya perusahaan milik negara. Dari 50 perusahaan minyak terbesar dunia, lebih dari separuh adalah badan usaha milik negara (BUMN) dan 15 di antaranya dari negara berkembang. Bersama sejumlah perusahaan migas milik swasta, BUMN- BUMN migas ini ini berkembang menjadi perusahaan-perusahaan multinasional (transnational companies/TNCs) yang cukup diperhitungkan dan matang dalam beberapa tahun terakhir. Banyak dari mereka yang mencatatkan saham di Bursa Saham New York (NYSE), termasuk CNNOC (China), Petrobras (Brasil), Petrochina (perusahaan afiliasi CNPC), dan Sinopec. Para pemain global baru ini menjadi bagian dari era baru kebangkitan TNCs multinasional negara-negara berkembang, terutama Asia. Harian Financial Times menyusun daftar tujuh calon penghuni baru kelompok bergengsi itu berdasarkan basis sumber daya yang dikuasai, tingkat output (produksi), ambisi perusahaan, skala pasar domestik, serta tingkat pengaruh mereka pada industri minyak dan gas dunia. Mereka adalah: Aramco (Arab Saudi), Gazprom (Rusia), CNPC (China), National Iranian Oil Company/NIOC (Iran), PDVSA (Venezuela), Petrobras (Brasil), dan Petronas (Malaysia). Dalam daftar yang dibuat United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), semua perusahaan itu, kecuali Aramco, masuk dalam daftar 19 perusahaan minyak terbesar dunia dengan operasi secara global. Aramco tidak masuk karena sebagian besar kegiatan eksplorasi dan produksi dilakukan di dalam negerinya sendiri.
Dari sisi kepemilikan saham di kegiatan produksi minyak asing, peran BUMN-BUMN minyak Asia, menurut laporan The Role of Asian Oil Companies, memang masih kecil, sekitar 2 persen dari produksi minyak global pada 2005- 2006. Mereka diperkirakan juga belum akan menjadi ancaman bagi perusahaan minyak raksasa dari negara maju dalam pasokan ke pasar dalam waktu dekat.

Namun, ketujuh perusahaan itu kini menguasai sekitar sepertiga produksi serta cadangan minyak dan gas dunia. Sebagai gambaran betapa strategisnya posisi mereka, "The Seven Sisters" dari negara maju yang sekarang--yang kemudian menciut menjadi empat karena konsolidasi di antara mereka pada tahun 1990-an (menjadi ExxonMobil, Chevron, BP, dan Shell)--hanya memproduksi sekitar 10 persen produksi minyak dan gas dunia serta menguasai sekitar 3 persen cadangan minyak dan gas dunia. Badan Energi Internasional (EIA), memprediksikan 90 persen pasokan minyak dunia dalam 40 tahun ke depan akan datang dari para pemain negara-negara berkembang ini. Ini membalikkan kondisi 30 tahun terakhir di mana 40 persen pasokan minyak dunia berasal dari negara- negara maju, dengan generasi kedua The Seven Sisters sebagai sebagai operator utama.

Para pemain baru dari negara berkembang mulai mengalahkan pemain- pemain lama dalam agresivitas akuisisi saham perusahaan-perusahaan minyak dari berbagai negara. Aktivitas mereka ikut meramaikan demam perburuan minyak di tengah krisis harga minyak yang hampir menyeret perekonomian global dalam resesi akhir-akhir ini.

Motifnya untuk China lebih untuk mengamankan kebutuhan energi skala masif perekonomian mereka di masa depan. Sementara, ekspansi BUMN- BUMN migas Rusia lebih banyak dilandasi oleh kepentingan mengamankan akses pasar, terutama di negara maju, melalui kegiatan terintegrasi di hulu.

Dengan menguasai 25 persen cadangan minyak dunia dan kapasitas produksi  hampir tiga kali lipat dari pesaing terdekat, Aramco, yang merupakan BUMN minyak Arab Saudi, sekarang ini bisa dikatakan sebagai perusahaan minyak nasional paling berhasil di dunia.

Kendati lapangan terbesarnya mulai menua, BUMN ini masih menempati posisi teratas produksi minyak dunia, disusul BUMN migas Rusia (Gazprom) dan BUMN migas Iran (NIOC).

Berbeda dengan Aramco, BUMN-BUMN dari China dan Rusia jauh lebih agresif dalam melakukan ekspansi di luar wilayahnya. Data UNCTAD (World Investment Report 2007), investasi BUMN- BUMN minyak China sudah menyebar di lebih dari 46 negara, kebanyakan di negara-negara berkembang, meliputi kegiatan eksplorasi, produksi, transportasi, pengilangan, hingga kontrak jasa.

Meski gagal mengakuisisi perusahaan minyak AS, Unocal, CNPC menyabet sejumlah kontrak besar di negara maju, termasuk Australia dan Kanada. BUMN-BUMN China ini bersaing dengan perusahaan-perusahaan minyak Rusia yang beberapa tahun terakhir aktif dalam proyek eksplorasi dan eksploitasi di sejumlah negara bekas Uni Soviet (CIS) atau negara berkembang lain yang memiliki keterkaitan sejarah panjang dengan

Sebagian dari hak kuasa penambangan yang dipegang Rusia sekarang ini diwarisi dari Uni Soviet sebelum pecah. Bukan hanya ekspansi secara internasional, BUMN-BUMN minyak Rusia secara agresif juga mulai "menasionalisasi" proyek-proyek migas dan energi penting di negaranya yang semula dikuasai oleh pemain-pemain Barat.

Petronas juga tidak mau kalah. Sepak terjang perusahaan ini termasuk spektakuler. BUMN ini baru mulai melakukan ekspansi internasional tahun 1990- an. Dimulai dari negara-negara tetangga terdekat di Asia Tenggara, Petronas kini sudah mengembangkan sayap ke lebih dari 33 negara. Petronas mulai terjun ke kegiatan di sektor hulu di luar Asia Tenggara pada tahun 1996, dengan mengakuisisi perusahaan pengilangan di Afrika Selatan. Disusul eksplorasi di negara Afrika lain seperti Sudan (1999), Gabon (1999), Chad (2000), Kamerun (2000), Aljazair (2001), Mozambik (2002), Etiopia (2003), dan Niger (2005).

BUMN ini juga terlibat dalam konstruksi jaringan pipa dan pengembangan jaringan stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) di berbagai negara, seperti China, India, Argentina, Afrika Selatan, Sudan, dan Inggris. Sekitar 30 persen pendapatan Petronas diperoleh dari operasi di luar negeri dan dari hampir seratus lapangan minyak yang dikelola, sekitar 50 sudah berproduksi.

Kendati tidak seagresif China dan Malaysia, Thailand juga tak mau ketinggalan. PTT, BUMN minyak negara ini, mulai ekspansi di luar negeri akhir 1990-an. Meski konsentrasi investasinya masih di sekitar kawasan Asia Tenggara, beberapa tahun terakhir PTT mulai mengikuti jejak Malaysia melalui joint venture eksplorasi dengan perusahaan minyak lain di Asia Barat dan Afrika. PTT juga menjadi pemain penting dalam pembangunan proyek jaringan pipa trans-ASEAN.

Demam ekspansi global juga menghinggapi negara Asia lain seperti India dan Korea Selatan, dan negara berkembang di luar Asia. Dua perusahaan minyak India, ONGH Videsh dan Indian Oil Corporation, masing-masing sudah memproduksi minyak dari lapangan di Rusia (proyek Sakhalin 1) dan Libya.

Korsel melalui BUMN KNOC juga sudah menggarap proyek pengembangan 26 lapangan minyak di 14 negara. Tahun lalu, perusahaan ini melakukan ekspansi di Australia, Kazakstan, Nigeria, Rusia, dan Yaman. Sementara Petrobras dari Brasil mulai produksi di delapan negara dan terlibat dalam kegiatan eksplorasi dan investasi di sektor hulu di 10 lokasi lainnya.

Satu dekade terakhir menjadi saksi metamorfosa dramatis BUMN-BUMN minyak dari berbagai negara berkembang Asia. Dari semula pemain lokal, mereka menjelma jadi pemain global yang terus merangsek ke atas dalam jajaran TNCs terbesar dunia.

Sepak terjang mereka memudarkan dominasi pemain global negara maju dan mengukuhkan hipotesa abad ke-21 sebagai abad kejayaan Asia, milik Asia.

Sayang, Indonesia dengan BUMN migas Pertamina-nya ketinggalan gerbong dalam eforia ini terutama dalam industri hulu minyak, saat ini industri hulu minyak didominasi oleh beberapa perusahaan besar baik nasional maupun multinasional. Dari seluruh perusahaan migas yang beroperasi di indonesia, dikenal 10 pemain besar dengan tingkat produksi yang mendominasi industri industri migas. 10 perusahaan terbesar ini memiliki pangsa pasar lebih dari 90 persen dari total produksi migas nasional.

  1. Kondisi keuangan Pertamina
Pertamina merupakan salah satu BUMN yang memberikan sumbangan terbesar terhadap keuangan Negara. Selain dividen yang disetor Pertamina kepada Negara, setoran pajak dan pendapatan Negara bukan pajak (PNBP) juga sangat besar. Sumbangsih industri ini terhadap penerimaan negara dari kegiatan usaha hulu migas tahun 2008 mencapai US$ 35.302 juta. Angka ini meningkat 48,3% dibanding tahun sebelumnya yang sebesar US$ 23.793 juta.
Analisis yang dilakukan oleh E. Tandelilin dan Edy Junarsin menujukkan kinerja keuangan sebagai berikut:
Dari perspektif ekonomi, khususnya terkait harga minyak dan kondisi keuangan global, tahun 2008 yang baru saja berlalu dan awal 2009 yang saat ini sudah berjalan menyajikan perubahan yang sangat drastis. “Bubble” dari kondisi keuangan global yang mulai menampakkan letupannya pada kuartal terakhir 2008 lalu tidak saja telah menarik kembali harga minyak ke kisaran US$40–45 per barel (setelah pada medio 2008 lalu tercatat hampir menyentuh US$150 per barel), tetapi juga telah dengan segera mengoreksi laju pertumbuhan ekonomi dunia yang diperkirakan hanya akan tumbuh di kisaran 0,5%–1% sepanjang tahun 2009 ini.
Sebagai sebuah entitas bisnis, dan khususnya yang bergerak di bidang hulu dan hilir minyak dan gas, Pertamina tentu tak luput dari pengaruh perubahan kondisi ekonomi global ini. Imbas terhadap Pertamina, yang dapat diperkirakan dengan segera, dengan anjloknya harga minyak rata-rata hingga lebih dari 50%, tentu saja adalah laba perusahaan. Jika harga minyak bertahan di kisaran US$45 per barel sepanjang tahun 2009 ini, laba bersih Pertamina diperkirakan akan turun ke kisaran Rp15 triliun, setelah pada 2008 lalu mencapai Rp30 triliun.
Dalam hal ini, sektor hulu, sebagai penyumbang 70%–80% dari keuntungan Pertamina, tampaknya adalah bagian yang mendapatkan “pukulan” paling telak dari anjloknya harga minyak dunia ini. Rencana kerja Pertamina untuk mengintensifkan kegiatan eksplorasi dan produksi di bisnis hulu guna meningkatkan produksi dan cadangan yang ada saat ini menjadi terkendala. Dengan parameter lain, seperti ketentuan fiskal yang cenderung masih tidak berubah ataupun perkembangan teknologi yang tidak dapat berubah secara instan, maka harga minyak dalam bisnis usaha hulu migas dapat dikatakan merupakan faktor yang sangat menentukan go or no go investasi eksplorasi dan produksi. Harga minyak yang tinggi akan menjadi insentif yang paling signifikan pengaruhnya terhadap intensitas eksplorasi dan produksi. Dan sebaliknya, harga yang rendah akan sangat memberikan tekanan dan membatasi ruang gerak kegiatan hulu.
Intensitas tekanan turunnya harga minyak terhadap Pertamina sedikit berbeda di sisi hilir. Di sini, meskipun tetap sama dampaknya dalam mengurangi laba Pertamina, tetapi karena Pertamina hingga saat ini masih menjalankan fungsi sebagai pelaksana tunggal Public Service Obligation (PSO) dalam menyediakan dan mendistribusikan BBM tertentu (dan sebagian besar bersubsidi) di seluruh wilayah Tanah Air, penurunan laba yang terjadi relatif dalam batas-batas yang masih bisa dikontrol dengan lebih pasti. Sepanjang formula subsidi yang diajukan Pertamina mendapatkan persetujuan dari pemerintah dan DPR melalui mekanisme APBN, pendapatan Pertamina dari sisi hilir dapat dikatakan masih akan “aman”. Barangkali, kalaupun ada yang relatif lebih sulit diprediksi adalah pendapatan Pertamina dari pasar BBM khusus non-subsidi sekelas Pertamax, Pertamax Plus, dan sejenisnya, karena munculnya beberapa pemain lain.


  1. Profil SDM Pertamina
Pada September 2007, jumlah pekerja Pertamina sebanyak 17.441 orang dengan komposisi pria 16.268 dan wanita 1.173. Rendahnya partisipasi wanita sebagai pekerja di Pertamina kemungkinan karena sifat pekerjaan pada perusahaan minyak lebih menuntut pekerja pria seperti pekerja eksplorasi yang umumnya berada didaerah terpencil, unit pengolahan yang banyak melibatkan mesin-mesin, unit perkapalan yang biasanya jarang diminati oleh wanita.

Pertamina telah mencatat upaya-upaya cutting cost untuk meningkatkan efisiensi, terutama dalam hal jumlah SDM. Ketika restrukturisasi dimulai pada 1994, SDM Pertamina sekitar 45.000, tahun 2007 sekitar 18.000an dan Jumlah karyawan tahun 2010 hanya 14.500 orang  (www.fsppb.or.id).

E.    Pemasaran Pertamina


Sejak bergulirnya Undang-undang No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat yang kemudian disusul munculnya Undang-undang No.22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi yang telah mempreteli hak monopoli  Pertamina di sektor hulu dan hilir, Pertamina sudah mengendus bakal terjadi persaingan bisnis yang seru di sektor migas.

Selain itu Pertamina juga telah berupaya melebarkan sayap bisnisnya ke luar negeri, Semenjak awal memulai kinerja ekspor ke luar negeri di tahun 2007 hingga kini, deretan daftar negara yang menjadi tujuan ekspor kian bertambah. Beberapa di antaranya merupakan pasar potensial untuk digarap, seperti Pakistan, Dubai, Oman, Myanmar, Vietnam, Belgia, Taiwan, Singapura, Malaysia, dan Australia.
strategi pemasaran yang dilakukan Pertamina dalam menggarap pasar ekspor adalah dengan menggandeng stakeholder lokal di negara-negara bersangkutan. Pertamina berusaha memanfaatkan stakeholder lokal yang dimiliki negara-negara tujuan ekspor, baik berupa jalur distribusi, link/jaringan serta networking dalam hal pemasaran. Dalam hal strategi promosi, Pertamina melakukannya berdua dengan negara tujuan ekspor pada setiap pembuatan iklan dan kampanye promosi di berbagai media, baik cetak maupun elektronik. Setiap ide ataupun konsep kemudian disesuaikan dengan karakteristik negara-negara yang bersangkutan.






BAB III
PERMASALAHAN

Pada tahun 2006, PT. Pertamina (Persero) melakukan survey untuk mengetahui plpersepsi masyarakat terhadap Pertamina, hasil survey menyatakan:
  1. Publik menilai SPBU (Stasiun Pompa Bensin Umum) Pertamina banyak melakukan Prakter Kecurangan
  2. Pertamina adalah sarang KKN
  3. Kegiatan bisnis dan eksplorasi Pertamina menimbulkan kerusakan lingkungan
  4. Pertamina tidak menjalankan CSR
  5. Sosok Pertamina cenderung arogan dan birokratis
Survey diatas menunjukan bahwa Pertamina tengah mengalami krisis baik secara internal perusahaan maupun kepercayaan publik, secara umum memang peran Pertamina di masa lalu telah membuat Pertamina menjalankan ungsi ganda, baik sebagai pelaku maupun sebagai pengatur, dengan focus pada kegiatan operasional di sector hilir (Produksi dan distribusi BBM). Sedangkan di sector hulu, Pertamina lebih berperan sebagai regulator dengan membagi-bagikan konsesi, memungut fee dan mengawasi kegiatan para kontraktor, melalui skema bagi hasil. Pertamina tidak diperkenankan mengambil resiko eksplorasi migas dan peran Pertamina sebagai operator relative terbatas pada beberapa lapangan produksi.
Secara strategis, pilihan ini membuat Pertamina tidak kompetitif. Di sector hulu, karena tidak banyak menjalankan kegiatan teknis operasi inti, maka kapabilitas, penguasaan teknologi pada core operations, kemampuan SDM, dan budaya kerja Pertamina tidak terbangun sebagaimana perusahaan minyak dan gas pada umumnya. Memang Pertamina menguasai kegiatan pengolahan, pemasaran dan distribusi, bahkan regulasi pemerintah memberikan kewenangan untuk memonopoli pasar produk minyak dan gas di Indonesia. Tetapi karena tidak didukung dengan pembangunan sector hulunya, posisi Pertamina menjadi sulit. Ketika regulasi berubah, Pertamina sekarang harus bersaing dengan para operator yang dahulu menjadi pihak yang diatur dan “dibawahi”nya.
Saat ini Pertamina memiliki berbagai kekuatan termasuk kelemahan yang sekaligus menjadi masalah:
  1. Dibidang pemasaran, jaringan distribusi dan infrastrukturnya memang sangat luas dan menyebar keseluruh Indonesia, tetapi kehandalan, pelayanan dan efisiensinya tidak memadai dan banyak fasilitas infrastruktur yang kondisinya masih dibawah standard. Pertamina memiliki fasilitas pengolahan yang cukup besar, tetapi desain dan teknologinya memerlukan peningkatan, kondisi ini tidak cukup memadai untuk berkompetisi. Kondisi ini menjadi turbulensi sendiri seperti di pasar pelumas, pompa bensin maupun produk BBM industry-non subsisi.
  2. Dari sisi potensi cadangan, Pertamina menguasai wilayah yang cukup luas bahkan terbesar dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan minyak lainnya, tetapi kekuatan ini tidak didukung dengan penguasaan teknologi, SDM, dan kapasitas untuk mengelolanya.
Dari Permasalahan diatas penulis akan merumuskan masalah “ Bagaimanakah upaya yang dilakukan Pertamina dalam mengatasi krisis internal serta pmenghadapi erubahan externalnya?





BAB IV
PEMECAHAN MASALAH

Untuk mewujudkan transformasi tersebut Pertamina melakukan upaya upaya antara lain:
-       Pertama, Merubah budaya organisasi menuju budaya kinerja. Pertamina menyadari bahwa modal manusia (Human Capital) menjadi factor penentu kesuksesan transformasi organisasi. Kemajuan dalam pengembangan human capital di Pertamina tercermin dalam : (1) skema breakthrough project (BTP), dimana Pertamina berhasil mewujudkan transformasi budaya organisasi menuju budaya kinerja; (2) dari segi market share pelumas yang terus meningkat di tengah serbuan merk asing yang gencar masuk ke Indonesia; (3) Penampilan Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) mitra bisnis Pertamina yang semakin professional. Pertamina juga telah menunjukkan komitmennya sebagai agent of development melalui corporate social responsibility (CSR).
-       Kedua, bagaimana Pertamina lebih focus pada pengembangan core business Pertamina, yakni: (1) mempertahankan posisi pertama dalam industry hilir; (2) membangun perusahaan eksplorasi dan produksi yang terkemuka; (3) tetap menjadi market leader untuk LNG. 
-       Ketiga, untuk menghindari intervensi politik, dilakukan melalui beberapa cara: (1) penguatan corporate governance Pertamina; (2) penguatan mekanisme pengawasan internal agar tidak terjadi perilaku oportunis maupun inefisiensi dalam proses transaksi; (3) rekonstruksi baru jika mekanisme pengawasan internal tidak efektif melalui pasar hingga good corporate governance benar benar in place.

  1. Upaya yang dilakukan
Pertamina untuk menghadapi perubahan sekaligus membenahi kondisi internalnya telah terjadi sejak tahun 1994, Pertamina dengan menggandeng konsultan asing telah menganalisa persoalan dampak buruk jika monopoli Pertamina hilang, bahkan mencoba melakukan restrukturisasi dan membuat visi, misi dan nilai-nilai yang disebut FIVEM (Focus, Integrity, Visionary, Excellent dan Mutual Respect). Program restrukturisasi ini menciutkan pegawaiPertamina sekitar 50% (dari 47.000 orang karyawan pada 1994, menjadi 26.000 orang pada tahun 2004) tanpa banyak gejolak. Tetapi, hasil akhirnya tetap kosong, restrukturisasi ini kalah cepat dengan proses turbulensi yang terjadi, hal ini diakibatkan inkonsistensi dalam pelaksanaan.

Upaya kedua dilakkuan tahun 2006 dengan berupaya melakukan transformasi melalui Breakthrough Project yang sifatnya pendek (sekitar 100 hari) sebagai persiapan untuk proses jangka panjang, Adapun program Breakthrough project diantaranya sebagai berikut:
  1. Direktorat Umum & SDM:
-       Penerapan paket pensin dini untuk 500 orang pekerja
-       Program pengembangan kepemimpinan
-       Perektrutan dan pengembangan spesialis
-       Penyederhanaan manajemen perjalanan dinas
-       Pembangunan ruang control untuk persediaan dan perdagangan bahan bakar.
  1. Direktorat Hulu
-       Kerjasama antara Pertamina dan Statoil
-       Pengembangan lapangan Pondok Tengah, Bekasi Jabar.
-       Mendirikan anak perusahaan PT Pertagas (explorasi gas)
  1. Direktorat Pengolahan
-       Pengolahan long residu cilacap di Balongan.
-       Peningkatan penggunaan Plaju FCC Plant dengan memanfaatkan residu dari Dumai.
-       Pengolahan Platinum katalis.
  1. Direktorat Keuangant
-       Menentukan format laporan keuangan
-       Menentukan kembali format draft laporan keuangan
-       Menyelesaikan dan mengawasi clearing acct/backlog/offset AR-AP.
  1. Direktorat Perseroan
-       Menggalakkan disiplin jam kerja
-       Menyederhanakan proses pengadaan
-       Mendirikan Pertamina Contact Centre
-       Memperbaiki pelayanan front office untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.
  1. Direktorat Pemasaran dan Niaga
-       Pengendalian transportation loss
-       Mengurangi jumlah depot krisis
-       Membangun outlet riset dan pelumas
-       Memperbaiki kinerja SPBU di Jakarta
-       Pembayaran tepat waktu kepada pihak ketiga
-       Efisiensi untuk biaya tiket, hotel, pengobatan, dan perjalanan dinas.

Upaya ini cukup memberi dampak yang nyata, selanjutnya transformasi menjadi Perusahaan Migas Nasional (NOC) yang berkelas dunia dituangkan dalam Perencanaan Perusahaan. Dalam perencanaan perusahaan PT.Pertamina telah mempunyai rencana yang tersusun dalam road map atau peta jalan untuk menuju Pertamina sebagai perusahaan kelas dunia selama 15 tahun yakni pada tahun 2023.Program besar terbagi dalam tiga RJPP (Rencana Jangka Panjang Perusahaan) :
 Periode I (2008 - 2013) dengan target Pertamina menjadi perusahaan nomor satu di Indonesia. Hingga September 2009 ini dari sisi produksi minyak, Pertamina adalah nomor dua setelah Chevron, dan untuk sisi produksi gas, menjadi nomor dua dari Total.
 Periode II (2013 - 2018) adalah bagaimana Pertamina membangun diri menjadi perusahaan kelas wahid di kawasan Asia Tenggara, bahkan belakangan ada yang menyebut target Asia Pasifik, karena nyatanya di kawasan Asia Pasifik Pertamina semakin menunjukkan gejala eksistensinya. Tak cuma di Asia Tenggara saja. Keberhasilan masuk Participating Interest sebesar 10 persen Blok BMG (Basker Manta Gummy) di South Australia, ternyata memberikan semangat luar biasa, kalau Pertamina bisa memulai berekspansi portofolio di ladang-ladang di dalam dan di luar negeri.
 Periode III (2018 - 2023) merupakan periode berat bagi Pertamina§ karena harus menempatkan diri pada level 11 besar di antara NOC dan IOC.

B. Strategi Korporasi
Strategi Korporasi Era kompetisi telah menjadi isu global. Hampir semua negara di dunia ini tak bisa melepaskan era tersebut. Untuk bisa bertahan di era pasar bebas, hampir semua negara harus melakukan penyesuaian, termasuk Indonesia, sebagai bagian dari masyarakat global. Semangat antimonopoli dan proteksi, yang terus dihembuskan oleh tatanan baru bisnis, telah memaksa Indonesia membenahi beberapa sistem yang sudah mapan selama puluhan tahun dengan sistem yang baru.
Di bidang Migas, dua undang-undang yang memberikan hak monopoli kepada Pertamina, yaitu UU No 44 Prp Tahun 1960 tentang Pertambangan Migas dan UU No 8 tahun 1971 tentang Perusahan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara, tidak relevan lagi. UU yang menyebabkan Pertamina berada pada posisi antara tugas dan bisnis, telah digantikan dengan UU No. 22 Tahun 2001 pada tanggal 23 November 2001 tentang Migas dan Gas. Pertamina resmi berubah status hukumnya dengan UU yang baru tersebut, peran ”istimewa” Pertamina telah dihilangkan. Peran khusus Pertamina sebagai pengatur, operator tunggal, dan pengelola sumber alam di Indonesia pun telah berakhir. Dengan UU tersebut, Pertamina hanya menjadi pemain biasa di sektor Migas. Pertamina berubah status hukumnya menjadi PT Pertamina (Persero) berdasarkan akta Notaris Lenny Janis Ishak, SH No. 20 tanggal 17 September 2003, dan disahkan oleh Menteri Hukum & HAM melalui Surat Keputusan No. C-24025 HT.01.01 pada tanggal 09 Oktober 2003. Pendirian Perusahaan ini dilakukan menurut ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Undang-Undang No. 1 tahun 1995 tentang Perseroan Terbatas, Peraturan Pemerintah No. 12 tahun 1998 tentang Perusahaan Perseroan (Persero), dan Peraturan Pemerintah No. 45 tahun 2001 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 12 tahun 1998 dan peralihannya berdasarkan PP No.31 Tahun 2003 "TENTANG PENGALIHAN BENTUK PERUSAHAAN PERTAMBANGAN MINYAK DAN GAS BUMI NEGARA (PERTAMINA) MENJADI PERUSAHAAN PERSEROAN (PERSERO)" STRATEGI PERUSAHAAN
       Memfokuskan pada usaha inti di bidang minyak gas dan bahan bakar nabati.
       meletakkan dasar komersial sebagai pertimbangan terpenting dalam semua keputusan bisnisnya.
       Menerapkan prinsip – prinsip tata kelola korporasi setara dengan perusahaan publik.
       Mempekerjakan SDM terbaik di bidangnya baik dari dalam maupun dari luar negeri.
       Membangun lingkungan bisnis yang sehat bersama mitra bisnis yang professional terpercaya dan berintegritas.
       Melakukakan investasi untuk menopang pertumbuhan dengan kemampuan sendiri maupun bekerjasama dengan mitra bisnis yang terpercaya.
       Membangun kemampuan teknologi riset dan pengembangan bersama dengan perguruan tinggi dan lembaga ilmu pengetahuan lainnya.

C.    Pelaksanaan
Strategi Pernguasaan Block Dengan Anak Perusahaan
Pengalaman Pertamina di sektor hulu memang lebih dikenal sebagai penggarap ladang-ladang migas di daratan alias onshore. Maka dengan cerdas, Pertamina melakukan terobosan masuk ke offshore, baik shallow maupun deep water. Pertamina menggandeng perusahaan yang sudah kampiun di bidang ini seperti StatOil, Petrobras, dan Shell untuk beberapa ladang offshore Indonesia.
Salah satu alasan adalah seperti dikatakan Manajer New Ventures Direktorat Hulu Pertamina Bambang Manumayoso. "Di onshore sudah sedikit reserves-nya. Juga semakin sulit pembebasan lahan, sehingga proses untuk meningkatkan produksi itu menjadi lama. Proses akuisisi atau pembelian blok-blok yang menarik antara lain melalui pembelian atau penyertaan modal atau Participating Interest (PI) ke dalam PSC-PSC yang prospektif dan strategis. Upaya lainnya adalah mengambil alih sebagian atau seluruh PI pada PSC yang akan terminasi. Seperti misalnya Blok West Madura yang akan terminasi pada tahun 2011. Kemudian Blok Mahakam di Selat Makassar yang juga akan terminasi tahun 2017. Pertamina merambahi ladangladang minyak di sejumlah negara. tahun 2006 ke Libya, lalu ke Sudan (2007), Qatar (2009), dan Australia (2009). , Pertamina semakin semangat mengakuisi blok-blok migas yang potensial dari pengelola sebelumnya. Juga membeli Participating Interest (PI) atas blok-blok yang masih ekonomis.
Strategi Beasiswa Berkelanjutan dengan program beasiswa berkelanjutan dari PERTAMINA bagi masyarakat Indonesia (Pelajar dan Mahasiswa) akan mendorong perusahaan dipercaya oleh masyarakat, dengan adanya masyarakat yang merasakan manfaat adanya program ini maka secara tidask langsung masyarakatpun akan selalu berharap perusahaan tetap bertahan dan terus ada. Pertamina memberikan beasiswa kepada lebih dari 2200 siswa kurang mampu dari tingkat SD sampai dengan SLTA dan lebih dari 100 mahasiswa Perguruan Tinggi. Selain pendidikan formal, Pertamina juga memberikan bantuan pendidikan ketrampilan kepada lebih dari 2000 orang anak-anak putus sekolah dan turut mendukung program Education for All (EFA) untuk pendidikan kepada tuna netra. pelaksanaan strategi PKBL (Program Kemitraan Pan bina lingkungan) sesuai SK Menteri Keuangan RI No. 316/KMK.016/1994 tanggal 27 Juni 1994, BUMN termasuk PERTAMINA diwajibkan melakukan pembinaan terhadap usaha kecil dan Koperasi dalam rangka mendukung Pemerintah
 Pengembangan SDM difokuskan kepada penciptaan pekerja yang profisien, profesional, berkomitmen, berdedikasi dan berorientasi bisnis Dengan Lebih meningkatkan kapabilitas, capacity building. SDM-nya di didik dan di-training sehingga mereka memberikan nilai tambah yang maksimal untuk pemegang saham dan perusahaan. Untuk mencapai hal tersebut di atas, Perusahaan telah menetapkan strategi korporat berikut untuk pengembangan SDM :
1. Mengimplementasikan pengembangan pekerja yang terorganisasi dan konsisten sehingga para pekerja memiliki kompetensi, ketrampilan, dedikasi, kinerja dan produktivitas yang tinggi.
2. Memberikan penghargaan dalam bentuk kesejahteraan dan remunerasi yang kompetitif serta memberikan perlindungan kepada pekerja sesuai dengan standar perusahaan migas di Indonesia dan peraturan yang berlaku.
3. Menciptakan dan mengembangkan hubungan industri yang aman untuk menciptakan suasana yang harmonis dan nyaman guna mendukung produktivitas yang tinggi.
Strategi korporat ini menjadi dasar untuk pengimplementasian program pengembangan SDM. Perusahaan memiliki keyakinan bahwa pengembangan SDM merupakan investasi jangka panjang sehingga Perusahaan memiliki komitmen terhadap program pengembangan yang sistematik dan berkelanjutan untuk mengantisipasi perubahan kebutuhan bisnis. Perusahaan telah mengimplementasikan proses rekruitmen dan seleksi pekerja yang transparan guna memperoleh ahli dan lulusan Sarjana baru untuk regenerasi. Sebagai contoh ladang garapan yang selama puluhan tahun selalu dan selalu di daratan alias onshore, kini BUMN migas ini semakin berani ke ladang-ladang migas di lepas pantai (offshore) upaya cepat Pertamina untuk memperoleh kapabilitas dan skill baru mengenai penggarapan ladang minyak di tengah deburan ombak laut, Pertamina melakukan kaderisasi tenaga-tenaga offshore.dengan merekrut 400 tenaga expert di bidang offshore dari anak perusahaannya PHE ONWJ Ltd. Proses rekruitmen dan seleksi awal dilaksanakan melalui pihak ketiga yang independent seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Padjadjaran.
Evaluasi
Etos kerja keras dapat pula kita lihat di Pertamina, salah satu Badan Usaha Milik Negara terkemuka di Indonesia. Kuncinya tentu bukan dengan mengandalkan sumber daya alam yang ada semata, tetapi lebih pada bagaimana meningkatkan potensi sumber daya manusia yang ada di Pertamina sehingga pengelolaan yang dilakukan bisa lebih efisien dan efektif. Terus tumbuhkan semangat kerja keras serta kemampuan kerja cerdas untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan kelas dunia, serta tentu saja mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sejahtera. saya rasa cukup jelas, bagaimana implementasi strategi pertamina membangun skuadron anak-anak peusahaan (AP) untuk kegiatan intinya, termasuk sektor hulu.impossible is nothing, begitu kata sebuah slogan. Disana selalu ada asa yang terus menggantung untuk direngkuh. dan selalu ada kesempatan bagi Pertamina untuk menjadi perusahaan kelas dunia yang disegani.

D. Efisiensi
Berangkat dari hal ini, satu pelajaran yang dapat diambil dengan jelas sebenarnya adalah bagi Pertamina, untuk dapat tetap survive dan maju baik di saat harga minyak tinggi maupun rendah, kata kuncinya adalah peningkatan efisiensi (khususnya efisiensi biaya) yang terus-menerus baik di operasi hulu maupun hilir. Dalam konteks ini, tantangan Pertamina tidaklah mudah. Dalam jangka pendek, sebagai BUMN yang masih mendapatkan penugasan PSO untuk menyediakan dan mendistribusikan BBM (yang sekarang ditambah dengan LPG 3 kg) secara nasional di sisi hilir, jaminan ketersediaan dan kelancaran pasokan adalah hal utama. Namun, karena argumen sosial politik, tak jarang menuntut aspek efisiensi biaya menjadi sesuatu hal yang harus dikorbankan.
Perlakuan yang adil dari pemerintah, sebagai pemegang saham Pertamina, dengan regulasi-regulasi yang jelas dan mendukung, sangat diperlukan dalam hal ini. Tanpa hal itu, Pertamina akan sulit bergerak leluasa di sisi hilir karena hanya akan terbebani kewajiban-kewajibannya tanpa kompensasi dan aturan main yang jelas. Perbaikan sistem distribusi dan perbaikan dalam pengadaan minyak mentah dan BBM, termasuk di dalamnya memberantas apa yang sering disebut sebagai “mafia” minyak, adalah tantangan mendesak yang harus dihadapi Pertamina untuk meningkatkan efisiensi di sisi hilir. Pembelian minyak mentah dan BBM impor langsung dari penghasil, melalui pendekatan B to B, atau bahkan G to G melalui tangan pemerintah, dan bukan melalui broker-broker yang tidak jelas, yang hanya menambah panjang jalur yang harus dilalui, adalah salah satu langkah yang semestinya dilakukan.
Di sisi hulu, efisiensi biaya produksi dan penyeleksian aktivitas eksplorasi dan produksi berdasarkan skala prioritas menjadi satu keharusan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi di tengah himpitan rendahnya harga minyak dunia. Dalam jangka menengah dan panjang, investasi dan ekspansi kegiatan eksplorasi dan produksi baik di dalam maupun di luar negeri hendaknya bukan lagi sekadar menjadi wacana yang tidak jelas realisasinya. World class oil company salah satunya selalu dicirikan dengan besarnya tingkat produksi dan cadangan yang dikuasainya, dan hal yang sama juga berlaku bagi Pertamina jika ingin menjadi bagian dari komunitas itu.
Di sisi hilir, investasi untuk meningkatkan kapasitas kilang pengolahan ataupun membangun yang baru juga menjadi sesuatu yang harus dimulai dari sekarang jika Pertamina masih tetap ingin menjadi pemain utama bisnis hilir migas di negeri ini. Dalam kedua hal ini, upaya dan terobosan untuk financing yang cerdas menjadi tantangan tersendiri bagi siapa pun yang akan menakhodai Pertamina.
Satu hal lagi yang tak kalah pentingnya (bahkan untuk kasus Pertamina justru sering menjadi penentu maju tidaknya Pertamina), baik untuk masa sekarang maupun yang akan datang, siapa pun yang akan menakhodai Pertamina semestinya adalah orang-orang yang tidak hanya kompeten dalam bidangnya dan dalam hal manajerial, tetapi juga adalah orang-orang yang punya integritas dan dedikasi untuk benar-benar bekerja membesarkan Pertamina, dan bukan bekerja untuk “patron-patron” dan elite tertentu saja.
  1. Image
Pertamina memulai dengan merubah citra seperti perubahan logo dan cara baru dalam pelayanan, di banyak pom bensin di Indonesia sekarang ada standar “Pasti Pas” dari Pertamina. Memang, tidak mudah untuk mengalahkan Pertamina dalam bisnis bahan bakar ataupun oli. Tidak bisa dipungkiri bahwa Pertamina telah terlebih dahulu mengenal medan pemasaran. Jaringan distribusi juga sudah terbentuk puluhan tahun.  Tentu saja, bukan berarti Pertamina tidak terkalahkan. Karena ada satu hal yang belum banyak dilakukan oleh Pertamina, tapi sudah dijalankan oleh kompetitornya, baik Shell dan Petronas untuk pompa bensin, ataupun Oli Top One untuk pelumas; yaitu bagaimana merek-merek tersebut membangun ikatan emosional dengan pelanggan mereka.














BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

Pasca berlakunya UU No.21 tahun 2001 memaksa Pertamina untuk melakukan Perubahan, Pertamina harus bersaing dengan perusahaan lain, fungsi regulator te telahlah dikembalikan ke BP Migas dan BPH Migas, Pertamina harus berperilaku sebagai perusahaan biasa dan bukan lagi anak emas yang diperlakukan khusus seperti masa lalu, Pertamina berorientasi komersil, menggenjot pendapatan sebesar-besarnya, namun harus tetap efisien. Pertamina harus mempertahankan pangsa pasar yang seluas-luasnya seraya membangun kapasitas, seraya membangun kapasitas riil di operasi intinya. Seluruh manajemen Pertamina harus bergulat dengan idion kinerja busnis seperti customer service, profitability, efisiensi, daya saing, pangsa pasar, brand image supaya kultur positif terbentuk.
Upaya sudah dilakukan melalui berbagai inisiatif perubahan mulai 1994 melalui restrukturisasi namu kurang berhasil, kemudian dilanjutkan sesudah momentum perubahan Pertamina menjadi Persero, breakthrough project dilakukan untuk memuluskan rencana jangka menengah dan jangka panjangnya, saat ini kita sudah melihat banyak perubahan terutama pada pelayanan SPBU dengan istilah mulai dari 0, pasti pas, rebranding ,melalui logo baru, penataan ulang SPBU, yang lainpun tengah dibenahi secara internal seperti organisasi, system rekrutmen, CSR dan lain sebagainya. Proses ini merupakan proses yang akan berlangsung lama dan memerlukan konsistensi, tantangan akan bermunculan baik dari pesaing maupun intervensi Pemerintah, beberapa kasus mutakhir seperti ledakan gas, fuel pump menjadi test case Pertamina dalam menangani krisis menuju perubahan yang direncanakan dalam menghadapi situasi baru dan tantangaan baru.


DAFTAR PUSTAKA



Mudradjad Kuncoro, dkk, 2009, Transformasi Pertamina: Dilema Antara Orientasi Bisnis & Pelayanan Publik, Yogyakarta: Galang Press

Rhenald Kasali, 2008, Mutasi DNA Powerhouse: Pertamina On The Move, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
www.pertamina.com
* Tulisan ini adalah Tugas Mata Kuliah Manajemen Krisis di Ubhara Jaya

34 komentar:

  1. Nama saya Cynthia Johnson. hipotek, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial Umum Mr John Carlson, salah satu harus memperbarui semua situasi keuangan di dunia / perusahaan untuk membantu mereka yang terdaftar pinjaman uang pinjaman pribadi, pinjaman, kredit konstruksi, kredit bunga rendah tingkat modal dll 2%, pinjaman usaha dan buruk pinjaman kredit usaha, start up. Kami membiayai proyek di tangan dan perusahaan Anda / mitra dan saya juga ingin menawarkan pinjaman pribadi untuk klien mereka. hubungi kami melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan



    1. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

      Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

      saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

      Pembayaran yang fleksibel,
      Suku bunga rendah,
      Layanan berkualitas,
      Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

      Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

      Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

      Hapus
    2. ,,.,KISAH NYATA ,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI jambrong di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

      ANDA JUGA BISA BERKONSULTASI MASALAH LAIN SEPERTI : TOGEL,PELARIS,SANTET,TUYUL,PERCINTAAN/ASMARA ATAU MASALAH GAIB LAINNYA.
      INI TIDAK AKAN BERHASIL TANPA ADA KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN DALAM DIRI ANDA SENDIRI

      Catatan: satu kata sudah cukup untuk orang bijak dan terima kasih banyak atas bacaan kesaksian dan kabar baik saya
      Tuhan memberkati kalian semua!

      Hapus
    3. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  3. Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh, hal yang paling penting adalah menerapkan untuk perusahaan yang sah.. Suami saya dan saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda online tapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita tanpa mendapatkan pinjaman kami dari perusahaan-perusahaan pinjaman yang berbeda secara.
    Kami bahkan meminjam uang untuk membayar pemberi pinjaman ini online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
    Suami saya dan saya berada di utang, dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami di mana tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory yang membantu kami dengan menawarkan kita jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 500 juta tanpa agunan.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu. Glory atau mengikuti prosedur pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: dewiputeri9@gmail.com
    Atau Anda dapat mengirim email ke Ibu Glory ke: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  4. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  5. Salam sejahtera!
    Nama saya Dewi Rumapea, saya berasal dari kota SEMARANG, Indonesia. Saya ingin menggunakan medium ini untuk memaklumkan semua dalam kumpulan ini mencari pinjaman yang sangat berhati-hati kerana ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya secara kewangan turun dan saya memutuskan untuk mendapatkan pinjaman dari Man di Malaysia dan saya tertipu oleh pemberi pinjaman palsu di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sehingga seorang kawan saya merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat dipercayai dan tulen yang dipanggil Puan Glory, seorang pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan saya pinjaman sebanyak Rp500,000,000 tanpa tekanan, pada kadar faedah 2% yang merupakan kadar yang berpatutan untuk saya.

    Selepas memindahkan kredit saya ke akaun bank saya, saya sangat terkejut apabila saya menyemak baki akaun bank saya dan mendapati bahawa jumlah saya memohon, telah dipindahkan terus ke akaun saya, oleh puan Glory, tanpa berlengah-lengah. Jadi saya berjanji kepada puan Glory bahawa saya akan berkongsi berita baik agar orang ramai mendapat pinjaman mudah tanpa tekanan. Jadi, jika anda memerlukan sebarang pinjaman, sila hubungi Puan Glory melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    Saya menggunakan masa ini untuk memaklumkan kepada anda semua bahawa anda boleh menghubungi saya melalui e-mel saya: dewiputeri9@gmail.com atau anda boleh menghubungi Nur Izzatul Azira Ismail, dari Malaysia yang memperkenalkan saya dan memberitahu saya mengenai Puan Glory, Dia juga mendapat pinjaman dari Puan Glory, Anda juga boleh menghubunginya melalui e-mel: utariwirmayaty@gmail.com Kini, semua yang saya lakukan adalah cuba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya hantar terus ke akaun bulanan.

    Nota: Tiada yuran insurans, yuran pendaftaran atau yuran pemindahan.

    Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT kerana menggunakan puan Glory untuk mengubah kisah kewangan saya dan kini saya seorang pemilik perniagaan saya yang bangga, semoga Allah terus memberkati Puan Glory dan terus menggunakannya untuk membantu kita semua dalam kesulitan kewangan

    BalasHapus
  6. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  7. Halo,
    Nama saya Mrs. Joan Lukas, saya adalah pemberi pinjaman pinjaman pribadi dan CEO perusahaan pinjaman Joan Lukas dan pinjaman perumahan pengayaan Calovet dimana saya menawarkan semua jenis pinjaman kepada individu dan bisnis dengan tingkat bunga 2% yang terjangkau. Apakah Anda memerlukan jaminan tanpa jaminan? Pinjaman? berinvestasi di bisnis Anda, melunasi hutang, atau membangun rumah jika Anda ditolak oleh lembaga keuangan atau bank? maka jangan khawatir lagi, karena Anda berada di perusahaan pinjaman yang tepat yang akan mengubah status keuangan Anda menjadi lebih baik.
    hubungi kami hari ini untuk jumlah pinjaman melalui email: joanlukasloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  8. Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

    Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  9. HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR
    DARI-rossastanleyloancompany

                              Apakah Anda memerlukan kredit yang mendesak?

    * Sangat Cepat dan Transfer Instan ke rekening bank anda
    * Biaya kembali di bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman Anda di bank Anda
    akun bank
    * Tingkat bunga rendah 2%
    * Long term payback (1-30) Long
    * Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
    *. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
    Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 48Hours setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    dari kru Pada perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang memberikan kemudahan pinjaman gratis kepada individu-individu yang berpikiran tulus, serius, perusahaan, badan hukum dan masyarakat umum dengan tingkat bunga 2%. Kami memiliki akses ke kumpulan uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besarnya, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.

    Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan rekam jejak pelayanan yang memberikan kebebasan finansial kepada negara-negara bersatu (PBB).
    Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang meminta untuk mendirikan bisnis Anda, belilah rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami via,

      E-mail resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
      CSN resmi +12133153118
      Instagram resmi: Rossamikefavor
      Twitter resmi: Rossastanlyloan
      Official Facebook: rossa stanley favor

    untuk respon cepat dan cepat ....
    Mohon mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7
                                
                                       DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:

    2) Negara:

    3) Alamat:

    4) Jenis Kelamin:

    5) Status Perkawinan:

    6) Pekerjaan:

    7) Nomor Telepon:

    8) posisi saat ini di tempat kerja:

    9) Penghasilan Bulanan:

    10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:

    11) Durasi Pinjaman:

    12) nama facebook:

    13) nomor Whatsapp:

    14) Agama:

    15) Tanggal lahir:


    SALAM,
    Mrs.Rossa Stanley Favor
    ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  10. kabar baik untuk semua!

    Nama saya Nurul Bin Azlan dari kota bogor di indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman di blog agar senang membaca pengalaman saya untuk sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, orang menganggur, karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap perusahaan pinjaman palsu tersebut.
    Beberapa bulan yang lalu saya merasa tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman di romania. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal yang disebut ibu. Sasha, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa agunan dengan tingkat bunga 2%.

    Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, agar orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, mohon hubungi ibu Sasha dengan email sungguhan: sashamichelglobalfinance@gmail.com

     dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya, dia adalah ibu yang baik hati dan dia benar-benar memberikan pinjaman kepada saya.

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: nurulazlan002@gmail.com

    dan teman saya Mega Wati yang mengenalkan dan bercerita tentang perusahaan ibu Sasha, dia juga mendapat pinjaman baru dari ibu Sasha, Anda juga bisa menghubungi Mega Wati melalui email: megawatii1988 @ gmail.com

    tolong bijak dan tetap memberkati!

    BalasHapus
  11. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    BalasHapus
  12. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN:

    · Pinjaman untuk investasi yang lebih besar?

    · Pinjaman untuk ekspansi bisnis?

    · Pinjaman untuk investasi baru?

    · Pinjaman untuk melunasi utang dan tagihan jangka panjang?

    · Apakah Anda memiliki kredit macet?

    · Apakah bank Anda gagal?

    kami adalah kreditor terkait dengan bank dan menjamin penawaran transparan, menawarkan pinjaman berbunga rendah (2%), tanpa jaminan dan jaminan. Kami di sini untuk mengakhiri kemiskinan dan pengangguran, karena setiap orang memiliki potensi dirinya sendiri. Hubungi kami hari ini dan Anda akan menjadi salah satu pelanggan kami yang terhormat. martharolandloancompany@gmail.com

    Terima kasih

    Mrs. Martha Roland.

    Balasan:

    BalasHapus
  13. Halo,
    Nama saya ROBBI dari Cirebon Jawa Barat Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu Alicia Radu karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya banyak menderita di tangan pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa menawarkan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 3 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Cirebon di mana saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di Turki yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di Turki, karena saya berhutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dijalankan, sampai suatu hari setia bahwa seorang teman saya menelepon Siti Aminah setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, jadi saya harus menghubungi Siti Aminah dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Ibu Alicia Radu bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi Ibu Alicia Radu dan saya terkejut ketika pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 3 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah mukjizat dan saya harus bersaksi tentang pekerjaan baik Ibu Alicia Radu
    jadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan saya jamin bahwa Anda akan bersaksi seperti yang saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ibu Alicia Radu email saya : (robbi5868@gmail.com) dan Anda masih dapat menghubungi Siti Aminah yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui email: (sitiaminah6749@gmail.com)
    semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu Alicia Radu untuk mengubah kehidupan finansial saya

    BalasHapus
  14. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini, renovasi rumah Anda dan kami juga memberikan pinjaman BITCOIN dengan suku bunga sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  15. Apakah Anda membutuhkan Pinjaman? Apakah Anda memiliki masalah keuangan? Kami adalah Peminjam Pinjaman swasta bersertifikat yang berbasis di Amerika Serikat. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai bisnis atau membayar tagihan Anda? Kami dapat memenuhi kebutuhan keuangan Anda. kami memberikan Pinjaman Pendidikan, Pinjaman Bisnis e.t.c. apa keadaan Anda, wiraswasta, pensiun, memiliki peringkat kredit yang lemah, kami dapat membantu. Pembayaran fleksibel lebih dari 1 hingga 20 tahun. Kami juga menawarkan semua jenis Pinjaman.

    Apply Now By Email: capitalsourcefinancellny@gmail.com

    BalasHapus


  16. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  17. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  18. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  19. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    BalasHapus
  20. Saya Devina dari Indonesia di Surabaya, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya buat kepada Nyonya Elizabeth yang kebetulan menjadi peminjam daring perusahaan pinjaman Elizabeth dan saya berdoa kepada ALLAH agar dia melihat tulisan saya satu hari ini.

     Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Arnah dan bagaimana ia telah scammed meminta pinjaman online dari Dr James Mowat, menurutnya sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Ny. Elizabeth dan Ny. Elizabeth meminjamkan Rp250.000.000 Rupiahnya tanpa stres dan penundaan, jangan hubungi Dr James Mowat melalui email: jamesmowatloanfirm@gmail.com untuk menghindari menjadi korban penipuan.

    Saya memutuskan untuk menghubungi Arnah untuk mengkonfirmasi apakah itu benar dan untuk membimbing saya bagaimana cara mendapatkan pinjaman dari Ny. Elizabeth, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Ny. Elizabeth. Saya berkeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan. sangat mudah tentang cara mengajukan pinjaman dari Ny. Elizabeth, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir aplikasi, mengembalikannya, mengirim salinan kartu identitas saya yang telah dipindai, kemudian mendaftar ke perusahaan dan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya . maka saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? dia menjawab mengatakan itu semua yang dia lakukan, itu sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Ny. Elizabeth dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati, untungnya bagi saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui, tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik Ny. Elizabeth dan itu adalah mengapa Anda melihat posting ini hari ini. yang mengejutkan saya, saya menerima peringatan dari 150000000 Rupiah. Jadi saya menyarankan setiap orang yang mencari sumber yang dapat dipercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs Elizabeth melalui Email: elizabethchristopherloan@gmail.com untuk pinjaman yang aman, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya : devinairf128@gmail.com atau Anda juga dapat menghubungi Arnah di arnahnana01@gmail.com. Saya percaya satu belokan yang baik layak yang lain.

    BalasHapus
  21. Saya memiliki skor kredit yang sangat rendah sehingga upaya saya untuk meminjam dari Bank ditolak. Saya merasa bangkrut sampai-sampai saya tidak mampu membeli tiga kali sehari, dan saya benar-benar bangkrut karena nama saya identik dengan kemiskinan. saya berhutang baik dari teman-teman saya dan juga dari rentenir hidup saya di bawah ancaman saya harus melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya karena sifat ancaman yang saya terima dari mereka yang meminjamkan saya uang Jadi saya harus mencari cara cepat dan mendesak untuk membayar kembali uang itu dan juga memulai bisnis baru usaha pertama saya sangat mengerikan karena saya ditipu sebesar Rp5.390.020,00 saya harus pindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp300.500,00 kepada pemberi pinjaman yang curang jadi saya turun secara finansial dan emosional karena ini yang paling tidak saya harapkan sehingga seorang teman saya memberi tahu saya untuk menghubungi email ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahwa saya harus meminta jumlah berapa pun berharap agar Bunda Iskandar selalu menjadi kembali untuk memberikan bantuan keuangan kepada siapa pun yang membutuhkan sehingga saya meminta untuk jumlah Rp850.000.000,00 dalam waktu 24 jam cerita saya berubah untuk selamanya saya membayar semua hutang saya dan saya juga memiliki cukup uang untuk membiayai sendiri bisnis semua terima kasih kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar pada umumnya untuk mengubah rasa malu saya menjadi terkenal
    Atas perkenan: PERUSAHAAN PINJAMAN ISKANDAR LESTARI
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  22. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  23. Saya dapat mencapai impian saya untuk menjadi pemilik real estat semua berkat ISKANDAR LENDERS jumlah yang saya ajukan adalah 35 miliar rupiah dalam Rupiah INDONESIA karena itu adalah jumlah yang sebenarnya saya perlukan untuk memperoleh properti seperti itu. Saya agak takut karena dari berita yang beredar di Indonesia mengenai transaksi jumlah besar mulai dari miliaran ..
      WhatsApp [+44)7480729811] Pin BB:[D8980E0B]
    "Menurut informasi yang beredar di Indonesia, jika ada sejumlah besar dana masuk dari luar negeri, Bank selalu bertanya di mana uang itu dan apa fungsinya? Karena mereka takut akan" pencucian uang "atau" dana teroris ". Saya dapat memberitahu Anda di sini dan sekarang bahwa Ibu memiliki solusi rahasia penuh untuk tantangan seperti itu Anda dapat mengajukan permohonan dalam miliaran dan dalam mata uang apa pun kemungkinan Anda mendapatkan uang pinjaman seperti yang saya lakukan Januari tahun ini adalah 100% yakin dan pasti dan juga sisi kesaksian di sini adalah bahwa saya memiliki kesempatan untuk memperkenalkan ISKANDAR LENDERS e_mail[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
     kepada seorang teman saya di MALAYSIA yang berkecimpung dalam bisnis tenaga surya dan yang membutuhkan ekspansi sehingga ia harus meminta jumlah 750.000 ringgit Malaysia dan Ibu juga menerapkan solusi rahasianya mengenai transfer uang pinjaman dalam jumlah seperti itu tanpa pertanyaan dari sumber mana pun saya dapat memberi tahu Anda sekarang bahwa teman saya di Malaysia masih berterima kasih kepada saya sampai hari ini karena telah memperkenalkannya kepada Ibu dan yang paling penting untuk mendapatkan jumlah yang diminta untuk ekspansi bisnis dan pembayaran hutang.

    BalasHapus
  24. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, orang-orang menganggur, saya sarankan Anda semua harus sangat berhati-hati

    beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat bisa diandalkan bernama Christabel's Missan ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan 800 juta dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan bunga hanya 2%

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakanmu mendapatkan pinjaman jika kamu memegang perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ny. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ny. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019

    mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua

    BalasHapus
  25. Nama saya Reni Alida, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati, karena ada penipuan dan perusahaan pinjaman palsu di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian pinjaman palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah penipuan, karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa perusahaan pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Elizebeth Isaac Loan Company, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp.600.000,00 (600 ribu) dalam waktu kurang dari 24 jam dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, jangan ragu-ragu, silakan hubungi dia melalui email nyata: Elizebethisaacloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi syarat dan ketentuannya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: renialida@gmail.com. Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening mereka setiap bulan.

    BalasHapus
  26. Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
    BBM INVITE:::[D8980E0B]

    BalasHapus
  27. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini, renovasi rumah Anda dan kami juga memberikan pinjaman BITCOIN dengan suku bunga sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  28. ?Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  29. TESTIMONY RUE !!!!! HARAP BACA

    Halo teman-teman,



    Saya hanya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman yang sah. Saya bangkrut karena saya masuk ke bisnis yang salah yang membuat saya kehilangan semua uang saya tetapi ketika saya mencari di internet saya melihat iklan tentang Martha Roland Loan Company yang memberikan pinjaman bahkan tanpa agunan atau cek kredit dan tanpa biaya tersembunyi. Saya melihat komentar semua orang di blog yang menegaskan bahwa Martha Roland adalah perusahaan pinjaman asli. Jadi saya yakin bahwa saya telah bertemu dengan perusahaan pinjaman yang tepat meskipun pada awalnya saya masih agak takut karena saya telah berhubungan dengan pemberi pinjaman palsu yang buruk dan nyata di masa lalu yang mengklaim memberikan pinjaman tetapi pada kenyataannya mereka tidak. Jadi saya mengajukan pinjaman dengan perusahaan ini (Martha Roland) dan saya sangat terkejut bahwa pinjaman saya yang disetujui sebesar Rp 900.000.000 yang saya gunakan untuk membuat saya kembali ke bisnis. Saya berkata pada diri sendiri bahwa saya perlu membagikan kabar baik ini kepada dunia sehingga seseorang di luar sana yang mungkin mencari tempat untuk mendapatkan pinjaman asli di internet dapat menemukan tempat untuk mendapatkan pinjaman yang sah. Teman-teman yang terkasih, saya ingin sangat menyarankan siapa pun yang membutuhkan pinjaman dari perusahaan pinjaman asli untuk menghubungi email mereka: (martharolandloancompany@gmail.com) jangan takut pada mereka. Mereka adalah perusahaan pinjaman asli. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikuti prosedur sederhana dan menyelesaikan transaksi dengan mereka dan Anda akan terkejut menerima pinjaman dari mereka seperti cara saya terkejut ketika saya mendapatkannya. Silakan bagikan informasi ini sehingga orang lain dapat memperoleh manfaat dari layanan dari perusahaan pinjaman asli ini. Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: marysanche13@gmail.com

    BalasHapus
  30. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditur online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak untuk Ms. Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  31. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus